Logo BBC

Bahaya, Jet Tempur AS Dilaporkan Nyaris Dekati Pesawat Penumpang Iran

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

A file photo of a Mahan Air plane
AFP
Pada 2011, AS memberlakukan sanksi terhadap Mahan Air, karena dituduh memberikan dukungan keuangan, materi, dan teknologi kepada Pengawal Revolusi Islam Iran.

Media massa Iran mengatakan, setidaknya satu pesawat jet tempur Amerika Serikat (AS) "nyaris mendekati" pesawat penumpang Iran di wilayah udara Suriah - klaim yang dibantah oleh AS.

Kantor berita Iran Irib mengatakan pilot pesawat maskapai Mahan Air harus secara cepat mengubah ketinggian pesawat, yang mengakibatkan sejumlah penumpang mengalami cedera.

Video yang diunggah kantor berita Irib memperlihatkan satu pesawat jet yang terlihat dari jendela pesawat dan seorang penumpang yang berdarah pada wajahnya.

Namun demikian otoritas militer AS belakangan mengatakan keberadaan pesawat jet tempur F-15 berada pada jarak yang aman.

"Pesawat F-15 sedang melakukan misi udara rutin di sekitar markas militer al-Tanf (milik AS) di Suriah, dengan melakukan inspeksi standar atas pesawat penumpang Mahan Air pada jarak aman sekitar 1.000 meter," kata Kapten Bill Urban, juru bicara Komando Sentral AS, dalam sebuah pernyataan pada Kamis malam.