Logo DW

Balas Amerika, Cina Perintahkan Penutupan Konsulat AS di Chengdu

picture-alliance/dpa/A. Wong
picture-alliance/dpa/A. Wong
Sumber :
  • dw

Pada Jumat 27 Juli 2020, China memerintahkan AS menutup konsulatnya di kota Chengdu, sebagai langkah balasan atas penutupan konsulat China di Houston awal pekan ini. Langkah ini merupakan "tanggapan sah dan perlu terhadap tindakan tidak masuk akal oleh Amerika Serikat," kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan.

"Situasi hubungan Cina-AS saat ini bukanlah apa yang diinginkan oleh Cina, dan Amerika Serikat bertanggung jawab atas semua ini," kata pernyataan itu.

Balas-membalas langkah diplomatik ini merupakan eskalasi terbaru dalam ketegangan antara kedua negara, sejak Presiden AS Donald Trump mengeluarkan pernyataan-pernyataan keras terhadap China. Sebelumnya, popularitas Trump dalam jajak pendapat menjelang pemilu presiden di AS terus turun dan tertinggal dari pesaingnya, Joe Biden.

Balasan atas penutupan konsulat di Houston

Pemerintahan Trump, pada Selasa 21 Juli memerintahkan penutupan konsulat China di Houston dalam waktu 72 jam dan menuduh agen-agen China telah mencoba mencuri data dari fasilitas penyimpanan data di Texas, termasuk data-data sistem medis.

"Langkah AS secara serius melanggar hukum internasional, norma-norma dasar hubungan internasional, dan ketentuan-ketentuan Konvensi Konsuler Cina-AS. Ini sangat merugikan hubungan China-AS," kata Kementerian Luar Negeri China dalam sebuah pernyataan menanggapi langkah AS itu.

AS memiliki kedutaan di Beijing dan konsulat di Hong Kong dan lima kota di China daratan, termasuk di Shanghai dan Guangzhou.