Wukuf di Masjid Namirah, Jemaah Haji Khusyuk Menyimak Khotbah Arafah

Jemaah haji melaksanakan wukuf di Masjid Namirah Arafah
Sumber :
  • Twitter @hsharifain

VIVA – Ribuan jemaah haji mulai memadati kawasan Arafah untuk melaksanakan ritual puncak ibadah haji pada 9 Dzulhijjah 1441 Hijriah atau Kamis siang, 30 Juli 2020 waktu Arab Saudi. Para jemaah berkumpul di Arafah untuk melaksanakan wukuf dan mendengarkan khotbah Arafah.

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

Berdasarkan foto-foto yag diunggah akun Twitter resmi Gubernur Mekah @makkahregion, para jemaah haji sebagiannya sudah memadati Masjid Namirah, masjid yang berada di wilayah Arafah, persisnya sebelah barat Jabal Rahmah. 

Baca: Khutbah Arafah akan Diterjemahkan ke 10 Bahasa

Belum Haji Bolehkah Dipanggil Pak Haji? Begini Buya Yahya Menjelaskan

Jemaah mulai memadati Masjid Namirah untuk mendengarkan khotbah Arafah secara langsung yang disampaikan oleh Syekh Abdullah bin Sulaiman Al-Manea, seorang hakim Pengadilan Kasasi di Kota Mekah dan anggota Dewan Ulama Senior Arab Saudi.

Para jemaah haji yang melaksanakan wukuf di Masjid Namirah tetap menerapkan jaga jarak sosial dengan jemaah lainnya. Dari video yang beredar di media sosial, para jemaah diminta berjarak dari jemaah lainnya sekurangnya 1 meter dan memakai masker. 

Tak Banyak Masalah, Kemenag Nilai Proses Persiapan Haji Berjalan Baik

Sambil menunggu waktu khotbah selepas Salat Zuhur, para jemaah mengisi waktu luangnya dengan berdoa, membaca Alquran, dan muhasabah diri. 

Jemaah haji melaksanakan wukuf di Masjid Namirah Arafah

Sementara itu, sebagian jemaah lainnya, melaksanakan wukuf di tenda-tenda yang telah disediakan pihak Kerajaan. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan, dibuat berjarak dan dilengkapi alat pembersih diri. 

Khotbah hari Arafah atau saat prosesi puncak ibadah haji 9 Dzulhijjah 1441 H akan diterjemahkan ke dalam 10 bahasa dunia.

Upaya itu dilakukan untuk menyampaikan pesan Islam kepada seluruh jemaah agar mudah dipahami seluas mungkin. Demikian disampaikan Imam Al-Sudais saat briefing media tentang rencana Haramain untuk musim haji tahun ini.

Khotbah tahun ini akan disediakan dalam 10 bahasa, yaitu Inggris, Melayu, Urdu, Persia, Prancis, China, Turki, Rusia, Hausa, dan Bengali. Khotbah ini akan tersedia pada aplikasi khotbah Arafah dan juga pada platform Manarat Al-Haramain di website resmi general presidency Haramain gph.gov.sa. (art)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya