Presiden Filipina Perintahkan Warganya Cuci Masker Pakai Bensin

Presiden Filipina Rodrigo Duterte.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Wisnu Widiantoro

VIVA – Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali mengeluarkan pernyataan kontroversial. Duterte memerintahkan warganya untuk mendesinfeksi masker mereka dengan bensin, jika tidak punya alkohol.

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Ini adalah kedua kalinya dia membuat pernyataan itu, meski pekan lalu pejabat pemerintahan akhirnya mengeluarkan klarifikasi bahwa pernyataan Presiden hanya lelucon. Salah satu pejabat kesehatan menegaskan masker kain harus dicuci secara normal.

Namun, akhir pekan lalu, Duterte kembali membuat pernyataan serupa dan menambahkan bahwa dia 'tidak bercanda'. "Apa yang saya katakan itu benar, pergi ke pompa bensin," ujar Duterte.

5 Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Dipencet, Rajin Pakai Scrub

Baca: Begini Kehidupan di Salah Satu Negara Lockdown Terketat di Dunia

Tidak ada bukti bahwa bensin dapat mensterilkan masker dan kontak langsung dengan bahan bakar kendaraan tentu menimbulkan bahaya. Menuangkan cairan yang mudah terbakar seperti bensin juga bisa menimbulkan risiko kebakaran.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

"Mereka (kritikus) mengatakan 'Duterte gila, bodoh!'. Jika saya gila, maka Anda harus jadi presiden, bukan saya. Apa yang saya katakan itu benar. Jika alkohol tidak tersedia terutama bagi orang miskin, pergi saja ke pompa bensin dan gunakan untuk mendesinfeksi. Saya tidak bercanda," ujar presiden berusia 75 tahun itu, dilansir The Sun.

Mengklarifikasi pernyataan tersebut, juru bicara kepresidenan Harry Roque dengan cepat mengeluarkan klarifikasi. "Saya tidak percaya bahwa setelah empat tahun menjabat sebagai presiden, Anda masih belum mengenalnya. Ini hanya lelucon, mengapa kita menggunakan bensin untuk mencuci," ujarnya. (ren)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan metode penanggulangan dengue menggunakan nyamuk ber-Wolbachia mulai bergulir di lima kota besar di Pulau Jawa.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024