Logo DW

Aliansi Militer Indo-Pasifik akan jadi Prioritas Australia

picture-alliance/dpa/M. Tsikas
picture-alliance/dpa/M. Tsikas
Sumber :
  • dw

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan pada hari Rabu (05/08) bahwa membangun aliansi Indo-Pasifik dengan negara-negara yang berpikiran sama akan menjadi "prioritas kritis" bagi pemerintahnya, mengingat belum pernah terjadi militerisasi di wilayah tersebut.

"Hari ini, Indo-Pasifik adalah pusat kompetisi strategis," kata Morrison kepada Aspen Security Forum, yang mempertemukan para pemimpin pemerintah dan militer bersama sejumlah pakar.

"Ketegangan atas klaim teritorial semakin meningkat."

Konferensi tahunan ini diselenggarakan menggunakan platform digital virtual karena pandemi COVID-19.

Pada bulan lalu, Australia mengatakan akan meningkatkan anggaran pertahanan sebesar 40% selama 10 tahun ke depan dengan membeli peralatan militer jarak jauh yang akan difokuskan pada kawasan Indo-Pasifik, di mana Cina dan Australia bersaing untuk mendapatkan pengaruh.

Ketegangan diplomatik antara Cina dan Australia baru-baru ini memburuk karena berbagai masalah, termasuk seruan Australia untuk penyelidikan internasional tentang asal-usul virus corona dan perdebatan tentang Undang-undang Keamanan baru oleh Cina untuk Hong Kong.

Pekan lalu, Amerika Serikat dan Australia mengadakan pembicaraan tingkat tinggi tentang Cina dan menyepakati perlunya menegakkan tatanan global yang berdasarkan pada peraturan, tetapi Australia menekankan hubungannya dengan Cina itu penting dan tidak berniat merusaknya. Morrison mengatakan kebangkitan Cina sebagai mitra ekonomi utama merupakan hal yang baik untuk ekonomi global, kawasan Indo-Pasifik, dan Australia.