Logo BBC

Siapa Kamala Harris, Keturunan Asia Cawapres Pilihan Joe Biden

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Kamala Harris standing in front of an American flag
Getty Images

Kandidat presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden, resmi memilih Senator Kamala Harris sebagai pasangannya dalam Pilpres AS 2020. Harris adalah perempuan kulit hitam dan keturunan Asia pertama yang bertarung dalam Pilpres AS sebagai calon wakil presiden.

Pernah digadang-gadang sebagai bakal calon presiden, Senator California keturunan India-Jamaika ini telah lama dianggap sebagai kandidat yang paling diunggulkan untuk mengisi posisi calon wakil presiden AS.

Mantan Jaksa Agung California ini dikenal sebagai sosok yang gencar menyerukan reformasi kepolisian di tengah protes anti-rasisme.

Berbekal pandangan politik dan pengaruhnya, dia akan mendampingi Joe Biden dalam menghadapi calon petahana Donald Trump pada pemilihan presiden, 3 November mendatang.

Harris dijadwalkan melakukan debat terbuka dengan pasangan Trump, yaitu Mike Pence, yang saat ini masih menjabat sebagai wakil presiden pada 7 Oktober mendatang di Salt Lake City, Utah.

Hanya ada dua perempuan lain yang pernah dinominasikan sebagai calon wakil presiden, yaitu Sarah Palin oleh Partai Republik pada 2008 dan Geraldine Ferraro oleh Partai Demokrat pada 1984. Namun, keduanya tidak ada yang lolos ke Gedung Putih.