Logo BBC

Daftar Tokoh Perempuan AS Tersingkir setelah Kamala Harris yang Jadi

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Graphic showing Joe Biden with various vice-president contenders
BBC

Dalam debat terakhir yang diadakan Partai Demokrat pada Maret lalu, Joe Biden berjanji bahwa jika dia menjadi calon presiden dari partai tersebut, dia akan memilih seorang perempuan sebagai wakilnya.

Banyak yang telah terjadi sejak saat itu, salah satunya Biden sudah mengamankan delegasi Konvensi Demokrat yang diperlukannya untuk maju sebagai calon presiden dari partai berlambang keledai tersebut. Sebelum di titik itu, banyak yang sudah berspekulasi tentang siapakah yang akan menjadi calon wakil presiden Biden.

Spekulasi ini ada dan timbul seiring dengan pandemi virus corona, gangguan ekonomi, dan protes besar-besaran, serta ketegangan rasial.

Jika Biden menepati janjinya, itu berarti untuk ketiga kalinya sebuah partai besar memilih seorang perempuan untuk posisi calon wakil presiden - empat tahun setelah Hillary Clinton menjadi perempuan pertama yang menjadi calon presiden.

Langkah tersebut menunjukkan bahwa Demokrat mencoba mengamankan dukungan pemilih perempuan yang mereka miliki menurut jajak pendapat, dan mungkin untuk melindungi Biden dari tuduhan bahwa dia terlibat dalam kontak fisik dengan perempuan.

Biden mengatakan dia akan mengumumkan pilihannya pada awal Agustus. Sementara itu, berikut adalah pesaing teratas saat ini - dan perbandingannya.

Graphic showing Kamala Harris, with the scores: Charisma, 3.5, Experience, 4.5, Fundraising, 4.5, Voter Power, 4, Special Power: Obivousness - 4
BBC

Kamala Harris dianggap sebagai calon terkuat.

Ia memiliki pengalaman kerja yang mencakup anggota di Senat AS dan jaksa agung California, serta jaksa wilayah San Francisco.

Ia memiliki latar belakang yang beragam, ibunya dari India dan ayah dari Jamaika. Kamala banyak disorot oleh media nasional, mengingat dia mencalonkan diri sebagai presiden tahun lalu dan dianggap, untuk sementara waktu, sebagai kandidat papan atas.

Dia sempat berselisih dengan Biden dalam debat utama pertama Juni lalu.

Saat itu, Harris mengatakan pandangan masa lalu Biden yang menentang desegregasi sekolah melalui aturan wajib naik bus (mandatory busing) menyakitkan, tapi hal itu sudah lama terjadi.

Harris memberikan akses ke pendanaan di California (dia mengumpulkan US$2 juta untuk Biden dalam acara virtual baru-baru ini), ia gesit, dan ia akan memuaskan keinginan mereka yang meminta Biden untuk memasukkan perempuan berkulit hitam ke dalam bursa pemilihan.

Harris mendapat pujian dari berbagai kalangan Demokrat karena menjadi advokat yang vokal untuk reformasi polisi selama demonstrasi massal baru-baru ini. Biden-Harris tampak seperti pasangan yang pasti pada tahun lalu - dan masih demikian hingga kini.

Graphic of Susan Rice, Former National Security Advisor: Charisma - 2, Experience - 3.5, Fundraising - 1, Voter Appeal - 3, Special Power - White House insider - 2.5
BBC

Susan Rice adalah nama yang muncul sebagai kejutan karena dia tidak memiliki pengalaman memegang jabatan publik melalui pemilihan atau berkampanye secara umum.