Logo BBC

Kamala Harris Cawapres AS Bangga dengan Darah Indianya

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

US Senator Kamala Harris speaks at a campaign stop on May 15, 2019 in Nashua, New Hampshire
Getty Images

Senator AS Kamala Harris dipilih oleh Joe Biden sebagai calon wakil presiden dari Partai Demokrat. Dia dikenal sebagai politikus kulit hitam terkemuka, tapi dia juga bangga dengan darah Indianya.

"Nama saya diucapkan Comma-la, seperti tanda baca," tulis Kamala Harris dalam otobiografinya tahun 2018, The Truths We Hold.

Senator California itu adalah anak dari ibu yang dilahirkan di India dan ayah kelahiran Jamaika. Ia kemudian menjelaskan arti nama Indianya.

"Artinya `bunga teratai`, yang merupakan simbol penting dalam budaya India. Teratai tumbuh di bawah air, bunganya menjulang di atas permukaan sementara akarnya tertanam kuat di dasar sungai."

Pada awal kehidupannya, Kamala muda dan saudara perempuannya, Maya, dibesarkan di sebuah rumah yang diramaikan oleh musik seniman kulit hitam Amerika.

Ibunya bernyanyi lagu gospel Aretha Franklin, sedangkan ayahnya, pecinta jazz, yang mengajar ekonomi di Universitas Stanford, akan memutar lagu Thelonius Monk dan John Coltrane pada alat pemutar piringan hitam.

Shyamala Gopalan dan Donald Harris berpisah ketika Kamala Harris berusia lima tahun.