Logo BBC

Sosok Agnes Chow Aktivis Perempuan Hong Kong yang Disebut Mulan

Usianya baru 23 tahun, tapi Agnes Chow sudah berkali-kali berada di garis depan demonstrasi pro-demokrasi di Hong Kong.-Getty Images
Usianya baru 23 tahun, tapi Agnes Chow sudah berkali-kali berada di garis depan demonstrasi pro-demokrasi di Hong Kong.-Getty Images
Sumber :
  • bbc

Agnes Chow, aktivis pro-demokrasi berusia 23 tahun dari Hong Kong, mendapat julukan baru. Para pendukungnya mulai memanggilnya "Mulan yang asli" - mengacu pada tokoh pahlawan perempuan China yang legendaris, yang diceritakan berjuang menyelamatkan keluarga dan negaranya.

Chow adalah salah satu dari segelintir aktivis dan tokoh-tokoh yang ditangkap minggu ini dengan tudingan melanggar undang-undang keamanan baru yang kontroversial yang diberlakukan oleh Beijing.

Dia dituduh "berkolusi dengan pihak asing" - jika terbukti bersalah, dia bisa menghadapi hukuman penjara seumur hidup.

Dia sekarang dibebaskan dengan jaminan, tetapi penangkapannya memicu dukungan, dengan banyak orang yang menulis #FreeAgnes (bebaskan Agnes) di media sosial.


Kenapa Mulan?

Mulan adalah legenda China kuno yang populer secara global melalui film animasi Disney tahun 1998.

Film itu menampilkan seorang perempuan muda yang menyamar menjadi seorang pria agar dia bisa berjuang untuk menyelamatkan keluarga dan negaranya.