Logo ABC

Bank Syariah Pertama Australia Beroperasi Tahun Depan

Bank syariah pertama akan dibentuk di Australia pada tahun 2021.
Bank syariah pertama akan dibentuk di Australia pada tahun 2021.
Sumber :
  • abc

Sekelompok Muslim di Australia sedang berupaya untuk memperkenalkan bank syariah di Australia dengan harapan bisa mulai beroperasi tahun depan.

Rencana membentuk bank syariah pada tahun 2021 di Australia kini sedang berjalan. Sistem bank syariah tidak mengenal bunga bank melainkan dengan pengaturan bagi hasil. Para pendukungnya menyebut hal ini alternatif bagi warga Australia dalam urusan perbankan.

Inisiator bank syariah ini terdiri atas sejumlah pemuka masyarakat Muslim serta para bankir senior di Australia. Tujuan mereka yaitu memberikan alternatif etis terhadap perbankan konvensional.

Bank syariah tidak mengenal bunga bank yang dilarang dalam ajaran Islam melainkan menggunakan perjanjian bagi hasil untuk menghasilkan pendapatan.

Jika nantinya beroperasi, bank syariah bakal menambah ragam layanan keuangan yang lebih peka terhadap nilai-nilai agama dan budaya, selain membuka peluang Australia terhadap sektor keuangan global yang bernilai triliunan dolar ini.

Para inisiator ini menyatakan nasabah non-Muslim yang ingin mencari alternatif selain empat besar bank di Australia bisa mempertimbangkan layanan mereka.

A head shot of Dr Dr Rashid Raashed. Dr Rashid Raashed telah mengupayakan pembentukan bank syariah di Australia selama delapan tahun.

Supplied: IBA Group