Logo BBC

Ledakan Beirut: Ini Negara-negara yang Timbun Bahan Peledak Berbahaya

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Pelabuhan Beirut setelah ledakan maut
EPA
Ledakan maut di Beirut menghancurkan pelabuhan dan wilayah sekitarnya.

Ledakan dahsyat di Beirut mengingatkan kita akan fakta yang sangat meresahkan: ribuan ton amonium nitrat yang disimpan di pelabuhan kota itu bukanlah satu-satunya lokasi yang berisiko meledak tiba-tiba.

Di Filipina, Ukraina, Georgia, Libya dan Guinea-Bissau terdapat tempat pembuangan amunisi berbahaya, sisa konflik masa lalu maupun masa sekarang; beberapa di antaranya sangat dekat dengan wilayah pemukiman.

Menurut lembaga pemantau Small Arms Survey yang berbasis di Swiss, di antara 1979 dan Agustus tahun lalu hampir 30.000 orang di 101 negara tewas atau terluka oleh ledakan yang tidak direncanakan di lokasi amunisi (unplanned explosions at munitions sites, UEMS).

Dari 606 insiden yang tercatat, hampir tiga perempatnya melibatkan persediaan milik negara. Salah satu insiden ledakan terburuk terjadi di Brazzaville, Republik Kongo, pada 2012, yang menewaskan lebih dari 500 orang.

Simon Conway, direktur senior di badan amal Halo Trust, yang membersihkan ranjau dan puing-puing sisa perang, mengatakan langkah pertama yang diperlukan adalah membuat pemerintah mengakui bahwa timbunan senjata ini tidak aman.