Logo DW

Malaysia Usir Buruh Bangladesh Usai Kritik Pemerintah Soal Wabah

Mujibul Haque Polash
Mujibul Haque Polash
Sumber :
  • dw

Mohammad Rayhan Kabir dideportasi ke Bangladesh pada Jumat (21/8) malam, kata Khairul Dzaimee Daud, Direktur Jendral Imigrasi Malaysia kepada Reuters. Dia tidak merinci kenapa buruh asal Bangladesh itu diusir dari Malaysia.

Diapit oleh pegawai imigrasi, dia terakhir kali terlihat melambaikan tangan dan mengacungkan jari jempol ke arah wartawan yang berkumpul di Bandar Udara Kuala Lumpur, lapor harian Bernama.

Kepolisian menangkap pemuda 25 tahun tersebut, mencabut izin kerja dan menempatkannya dalam daftar hitam keimigrasian. Dengan status tersebut Rayhan tidak lagi bisa kembali ke Malaysia secara permanen.

Dia diwawancara stasiun televisi Qatar, al-Jazeera International untuk sebuah film dokumenter yang disiarkan pada 3 Juli silam. Di dalamnya, Reyhan mengritik kebijakan pemerintah dalam meredam potensi wabah di kalangan buruh migran.

Al-Jazeera sendiri mengatakan penangkapan Rayhan “karena memilih berbicara tentang pengalaman mereka yang tidak punya suara dan rentan,” adalah hal yang mengkhawatirkan.

Perang wabah di kamp migran

Selama masa awal pandemi, Malaysia melakukan penggerebekan terhadap kantung-kantrung imigran ilegal dan menangkapi ratusan orang termasuk anak-anak dan pengungsi Rohingya.