Logo DW

Lawan COVID-19, Jerman Denda Rp775 Ribu Bagi yang Tak Pakai Masker

picture-alliance/dpa/M. Tantussi
picture-alliance/dpa/M. Tantussi
Sumber :
  • dw

Para pemimpin Jerman telah mengumumkan bahwa mereka akan memperpanjang larangan acara besar di ruang publik hingga tahun depan, sebagai bagian dari serangkaian tindakan yang bertujuan untuk mengurangi jumlah kasus virus corona di negara itu.

Larangan itu disepakati saat konferensi video yang dihadiri oleh Kanselir Jerman Angela Merkel dan para pemimpin 16 negara bagian, pertemuan pertama sejak 17 Juni lalu.

Kanselir Merkel menekankan bahwa "secara keseluruhan, sejauh ini kita telah melalui pandemi dengan baik. Namun demikian, kita dapat melihat jumlah penularan telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir."

"Kami merespons peningkatan kasus di bulan-bulan musim panas dengan sangat serius," tambahnya.

Tindakan lain termasuk denda minimal €50 atau Rp775 ribu bagi siapa pun yang ketahuan tidak memakai masker di toko swalayan dan angkutan umum.

Tidak ada kesepakatan untuk membatasi jumlah peserta untuk acara pribadi, karena setiap negara bagian memiliki aturan sendiri sesuai laju infeksi corona. Merkel dan para pemimpin regional meminta orang Jerman untuk "mempertimbangkan secara kritis" dalam setiap kasus apakah perayaan pribadi itu "perlu" dan "dapat dibenarkan".

Para wisatawan dan peserta pesta

Pertemuan antara Merkel dan perdana menteri negara bagian itu terjadi ketika Jerman tengah bergulat dengan peningkatan kasus virus corona yang serius.