Logo BBC

5 Cara Menghindari Penularan Virus Corona di Ruangan Tertutup

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Pekerja kantor menggunakan masker.
Getty Images

Ventilasi ruangan yang baik adalah salah satu kunci penting dalam menghindari virus corona. Apalagi bagi mereka yang menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan, seperti para pekerja kantoran.

Selama berbulan-bulan terakhir ini kita disarankan untuk mencuci tangan dan menjaga jarak sosial guna menghindari virus corona, sesuai dengan standar protokol kesehatan.

Tetapi, baru-baru ini, para ilmuwan dan insinyur merekomendasikan unsur penting lain yaitu ventilasi udara yang baik, karena mulai banyak orang kembali bekerja dan beraktivitas.

Dalam menciptakan sirkulasi ruang yang baik ada lima hal yang perlu diperhatikan.

1: Jika ruangan pengap, tinggalkan

Saat Anda masuk ke dalam ruangan yang udaranya terasa pengap, maka ada yang salah dengan ventilasinya.

Artinya, sirkulasi udara sangat minim dan tidak cukup udara segar yang masuk sehingga meningkatkan peluang terinfeksi virus corona.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa di ruangan yang pengap dapat terjadi "penularan virus melalui udara" - dengan partikel virus yang sangat kecil tetap di udara.

Menurut peraturan tempat kerja yang ditetapkan sebelum pandemi, setiap orang harus mendapatkan 10 liter udara segar setiap detik, dan kini udara segara menjadi lebih penting dari sebelumnya.