Logo BBC

AS Klaim Makin Banyak Negara Arab Ikut UEA Buka Hubungan dengan Israel

Getty Images
Getty Images
Sumber :
  • bbc

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengklaim para pejabatnya sedang melakukan serangkaian perundingan dengan negara-negara Arab untuk meningkatkan hubungan dengan Israel.

Berbicara satu bulan setelah negaranya setuju membuka hubungan diplomatik dengan Uni Emirat Arab (UEA), dia mengatakan terobosan pada hari Senin (31/08) ini akan menjadi hal yang biasa di masa depan.

Sementara, Penasihat keamanan nasional Amerika Serikat (AS), Robert O`Brien, mengatakan semakin banyak negara Arab dan negara Muslim yang mengikuti langkah UEA membuka hubungan resmi dengan Israel.

O`Brien dan beberapa pejabat AS akan mendampingi delegasi Perdana Menteri (PM) Netanyahu yang akan terbang dengan pesawat komersial pertama ke Uni Emirat Arab hari Senin ini.

"Kami yakin, negara Muslim dan Arab lainnya akan mengikuti langkah UEA untuk membawa pemulihan hubungan dengan Israel," kata O`Brien kepada jurnalis setelah berbincang dengan Netanyahu.

Dia tidak menyebutkan negara yang dimaksud, tapi pejabat Israel sebelumnya menyinggung negara Oman, Bahrain dan Sudan.

Sebuah pesawat udara menuju UEA, hari Senin (31/08) dengan membawa ajudan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Presiden AS Donald Trump akan terbang ke Arab Saudi, menurut sumber Reuters.