Logo BBC

Desain Terbaru Paspor Taiwan: Kalimat 'Republik China' Diciutkan

Paspor baru (kanan) dengan Tulisan Taiwan lebih besar dan tulisan Republic of China lebih kecil, dibandingkan dengan paspor lama (kiri).-EPA
Paspor baru (kanan) dengan Tulisan Taiwan lebih besar dan tulisan Republic of China lebih kecil, dibandingkan dengan paspor lama (kiri).-EPA
Sumber :
  • bbc

Para pejabat Taiwan mengumumkan perubahan desain paspor sehingga membuat kata `Taiwan` lebih besar sekaligus menciutkan kalimat `Republik China`.

Pihak berwenang mengatakan, desain baru ini bertujuan untuk menghentikan kebingungan dalam membedakan antara, warga Taiwan dan warga China.

Banyak kalangan di Taiwan memandang wilayah itu sebagai negara yang berdiri sendiri, akan tetapi China melihat pulau tersebut sebagai provinsinya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan, perubahan desain paspor tak akan mengubah Taiwan menjadi sebuah "bagian yang tidak dapat dipisahkan dari China"

Para pejabat Taiwan merilis paspor baru itu dalam sebuah seremoni, Rabu (02/09).

Tulisan "Republic of China - nama resmi untuk Taiwan - akan dipindahkan dari atas sampul depan ke sekeliling lambang nasional, dengan huruf yang lebih kecil. Adapun tulisan `Taiwan` akan diperbesar dan ditebalkan.

Sejak dimulainya pandemi virus corona "rakyat kami terus berharap, bahwa kami bisa lebih menonjolkan penampakan `Taiwan`, agar orang-orang tidak berpikir bahwa pemegang paspor ini berasal dari China," kata Menlu Taiwan, Joseph Wu, kepada media.