Logo BBC

Pemimpin Oposisi Rusia Alexei Navalny Keracunan Novichok Bikin Heboh

Alexei Navalny diterbangkan ke Berlin untuk perawatan pada Agustus setelah jatuh sakit.-Reuters
Alexei Navalny diterbangkan ke Berlin untuk perawatan pada Agustus setelah jatuh sakit.-Reuters
Sumber :
  • bbc

Pengumuman pemerintah Jerman bahwa politisi oposisi Rusia Alexei Navalny telah diracuni oleh agen saraf canggih, yang dikenal sebagai Novichok, membuat kasus ini menjadi lebih serius ketimbang sebelumnya.

Lebih penting lagi, kasus ini akan meningkatkan kecurigaan bahwa, meskipun ada penyangkalan, negara Rusia berada di balik peristiwa keracunan yang dialami sang oposan.

Novichok - yang berarti "pendatang baru" dalam bahasa Rusia - berlaku untuk sekelompok agen saraf yang diproduksi secara sintetis yang awalnya dikembangkan oleh Uni Soviet di laboratorium di Uzbekistan sebelum Uni Soviet hancur pada 1991.

Badan-badan intelijen Barat meyakini bahwa Novichok sejak itu telah disempurnakan menjadi senjata pembunuh yang sukar dideteksi melalui teknik rahasia yang dipraktikkan oleh agen GRU, intelijen militer Rusia, termasuk dengan dioleskan ke gagang pintu.

Novichok dapat digunakan dalam bentuk cair maupun padat.

Dua orang agen diyakini secara luas telah meracuni pembelot Rusia Sergei Skripal dan putrinya di Salisbury pada 2018 menggunakan Novichok.

Seorang penduduk Wiltshire setempat, Dawn Sturgess, kemudian meninggal setelah menangani isi botol parfum bekas yang digunakan untuk menyamarkan zat saraf tersebut.