Logo BBC

2 Jam Kritis Hidup Pemimpin Oposisi Rusia Diracun Saraf Amat Mematikan

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny, saat ini masih dalam kondisi koma di sebuah rumah sakit di Berlin. Pemerintah Jerman mengungkap bahwa dia diracuni oleh agen saraf Novhichok.

Dia jatuh sakit dalam penerbangan dari Siberia ke Moskow dan pesawat melakukan pendaratan darurat di Omsk. Dua hari kemudian, pejabat Rusia mengizinkannya diterbangkan ke Jerman untuk mendapat perawatan.

BBC Rusia telah mengumpulkan cerita tentang bagaimana pramugari dan petugas medis berjuang untuk menyelamatkan hidupnya di atas langit Siberia. Ini adalah garis waktu dua jam yang dramatis dari perjalanan berbahaya itu.

Bagaimana kejadian itu bermula

Saat itu 20 Agustus, dan Alexei Navalny mengambil penerbangan maskapai S7 dari Tomsk ke Moskow. Dia tidak makan atau minum apa pun sepanjang pagi - selain secangkir teh yang dia beli di bandara Tomsk Bogashevo, menurut sekretaris persnya Kira Yarmysh.

Penumpang lain dalam penerbangan itu, Ilya Ageev, melihat Navalny minum teh sekitar satu jam sebelum pesawat lepas landas. Kritikus Kremlin itu tersenyum dan bercanda dengan sesama penumpang yang mengenalnya.

Graphic - 08:01
BBC

Selama setengah jam pertama penerbangan, Navalny mulai merasa tidak enak badan. Pramugari membagikan air kepada penumpang, tetapi dia menolaknya. Dia kemudian bangun untuk pergi ke toilet.

08:30
BBC

Seorang penumpang pesawat ingin menggunakan toilet, namun Alexei Navalny telah berada di dalamnya selama 20 menit. Penumpang-penumpang lain mulai mengantri untuk menggunakan toliet.