Logo BBC

Lubang Hitam: Sinyal Kosmis Guncang Bumi setelah 7 Miliar Tahun

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Interpretasi saat-saat terakhir sebelum penggabungan dua lubang hitam
LIGO-VIRGO Collaboration
Interpretasi saat-saat terakhir sebelum penggabungan dua lubang hitam

Bayangkan sebuah energi setara dengan delapan Matahari dilepaskan dalam sekejap.

Kejadian itu adalah "gelombang kejut" gravitasi yang menyebar akibat peleburan terbesar yang pernah diamati antara dua lubang hitam di luar angkasa.

Sinyal yang muncul akibat dari peristiwa ini melewati perjalanan sekitar tujuh miliar tahun untuk mencapai Bumi, dan dampaknya masih cukup kuat untuk menggetarkan detektor laser di Amerika Serikat dan Italia pada Mei tahun lalu.

Para peneliti mengatakan, lubang hitam yang bertabrakan itu menghasilkan satu energi yang memiliki ukuran 142 kali dari massa Matahari.

Peristiwa ini penting bagi ilmu pengetahuan yang telah lama menelusuri keberadaan jejak lubang hitam baik yang berukuran sedikit lebih kecil atau bahkan sangat besar.

Pengamatan baru ini juga berhasil memunculkan kelas baru yang disebut lubang hitam berukuran menengah di kisaran 100 sampai 1.000 massa Matahari (atau matahari).

Analisis ini adalah penemuan terbaru dari kolaborasi internasional LIGO-VIRGO, yang mengoperasikan tiga sistem pendeteksi gelombang gravitasi super sensitif di Amerika dan Eropa.