Idap Sindrom Rapunzel, Rambut 15 Kg Ditemukan di Perut Gadis India

Ilustrasi rambut.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dokter di India berhasil mengeluarkan bola rambut seberat 15 kilogram dari perut seorang gadis berusia 17 tahun, yang mengalami sindrom Rapunzel. Gadis bernama Sweet Kumari itu dibawa ke rumah sakit pekan lalu, setelah mengeluh sakit perut.

Potret Terakhir Babe Cabita Sebelum Meninggal Dunia, Botak Tanpa Rambut Kribonya

Gadis itu diduga telah memiliki kebiasaan memakan rambutnya sendiri selama bertahun-tahun. Dalam foto yang beredar, terlihat dokter berhasil mengeluarkan benjolan raksasa dari perut gadis itu melalui operasi. 

Operasi itu dilakukan selama enam jam di negara bagian Jharkhand, India. Dokter Sahu, yang mengoperasi Kumari, mengatakan itu adalah akumulasi rambut terbesar yang pernah dia lihat di perut manusia selama 40 tahun sebagai ahli bedah.

Dishub Tangerang Gelar Ramp Check di 20 PO Bus Mudik, Klakson Turut Diperiksa

Kumari masih belum pulih dari operasi di rumah sakit. Kepada dokter, dia telah berjanji untuk berhenti memakan rambutnya.

Baca juga: Geger, Sebuah Organisasi di Garut Ganti Lambang Garuda Pancasila

Selamat Tinggal Rambut Lepek! Berikut 7 Tips untuk Rambut Bervolume dan Sehat

Dilansir The Sun, sindrom Rapunzel yang dinamai menurut dongeng Jerman, adalah kondisi usus seseorang yang memiliki kebiasaan menelan rambutnya sendiri secara kompulsif. Kondisi ini sangat jarang, dengan sangat sedikit kasus yang tercatat di seluruh dunia.

The British Medical Journal mengatakan bahwa rambut, setelah dimakan, dapat menumpuk dengan bersarang di lipatan saluran lambung. Ketika bola rambut terbentuk akan menyebabkan sakit perut kembung, muntah, dan mual.

"Ketika ekor rambut melampaui perut ke dalam usus kecil, itu disebut sindrom Rapunzel," tulisnya.

Kasus terbaru dari sindrom ini ditemukan di Rusia tahun lalu. Seorang dokter mengeluarkan bola berukuran serupa dari perut seorang gadis berusia 16 tahun di Rusia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya