Logo BBC

Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia: Selamat dari Perasaan Tergelap

ERIKO KOBAYASHI
ERIKO KOBAYASHI
Sumber :
  • bbc

Eriko Kobayashi baru saja menjadi pembicara pada tahun 2018 ketika seorang penonton - perempuan berusia awal 20-an - mendekatinya.

"Dia dirawat di rumah sakit setelah mencoba bunuh diri," kata Kobayashi kepada BBC.

"Dia memberi saya cincin dengan pesan motivasi sebagai hadiah, dan kami berpelukan."

Kobayashi adalah penulis "Diary of My Daily Failures", sebuah manga - buku komik Jepang - yang pertama kali dirilis pada tahun 2017.

Sebuah
Torico
"Tapi melalui manga yang sangat saya cintai ... saya ingin memperkenalkan Anda ke dunia saya.": Eriko Kobayashi membahas pengalamannya bertahan dari bunuh diri untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa ada jalan keluar

Manga ini menceritakan pengalaman hidup Kobayashi sebagai penyintas bunuh diri - bagaimana ia mampu mengatasi perasaan tergelap hidupnya dan selamat dari percobaan bunuh diri.

BBC berbicara dengan perempuan warga negara Jepang itu, menjelang Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia pada 10 September, tentang pekerjaannya dan bagaimana komik itu dapat membantu orang lain.

Sampul dari `Diary of My Daily Failures` edisi bahasa Inggris
Torico
`Diary of My Daily Failures` dirilis pada 2017

Masalah kesehatan mental dan kesulitan keuangan menjadi alasan Kobayashi melakukan sejumlah upaya bunuh diri sejak usia 21 tahun.

Kobayashi percaya masalah hidupnya dimulai sejak masa kanak-kanak - dia mengalami kekerasan dan pelecehan ketika tumbuh dewasa.

Dalam manga, dia membahas "iblis" nya, termasuk detail perjalanannya ke rumah sakit dan waktu yang dihabiskan untuk berjuang.

Ilustrasi dari `Diary of My Daily Failures` yang menunjukkan Eriko Kobayashi bangun di rumah sakit
Torico
"Hah? Aku masih hidup?": Eriko Kobayashi telah selamat dari sejumlah percobaan untuk bunuh diri

"Segalanya mencapai titik di mana saya tidak bisa tidur lagi dan mengalami mimpi buruk terus-menerus," kenangnya.