Logo BBC

Tak Ada Akses Internet, Ratusan Juta Pelajar Terancam Putus Sekolah

-GETTY IMAGES
-GETTY IMAGES
Sumber :
  • bbc

Anak-anak di hampir seluruh negara Eropa telah kembali ke sekolah untuk memulai tahun ajaran baru. Namun di belahan dunia lain, pandemi Covid-19 masih terus memaksa penutupan sekolah.

BBC menilik kondisi belajar-mengajar yang kini terjadi di India dan beberapa negara Asia selatan lainnya. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut pandemi Covid-19 berdampak pada sekitar 600 juta anak di wilayah itu.

Student takes online classes in India
Getty Images

Siapa yang masih terhambat kembali ke sekolah?

Ketika berbagai pembatasan akibat penyebaran virus corona diterapkan Maret dan April lalu, tahun ajaran baru baru saja bergulir di mayoritas negara Asia bagian selatan.

Sejak saat itu seluruh sekolah di wilayah tersebut ditutup. Hingga kini belum ada kebijakan terkait pembukaan kembali sekolah-sekolah itu.

  • Di India hampir sebagian besar aktivitas belajar-mengajar dilakukan dari jarak jauh. Namun pemerintah setempat menyebut pelajar dari kelas 9 hingga 12 dapat kembali ke sekolah pada 21 September mendatang.
  • Bangladesh dan Nepal melanjutkan penutupan sekolah. Aktivitas belajar-mengajar tetap dilakukan dari jarak jauh.
  • Sri Lanka membuka seluruh sekolah Agustus lalu. Tapi tak lama setelahnya, mereka kembali melarang aktivitas di sekolah karena kasus positif Covid-19 melonjak.
  • Para pelajar di Pakistan secara bertahap akan kembali ke sekolah 15 September mendatang. Kebijakan ini diambil setelah otoritas setempat mengklaim kasus Covid-19 di negara mereka menurun.