Logo ABC

Selandia Baru Cabut Pembatasan Lockdown 21 September kecuali Auckland

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern banyak dipuji dalam keberhasilan menangani COVID-19 di sana.
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern banyak dipuji dalam keberhasilan menangani COVID-19 di sana.
Sumber :
  • abc

Selandia Baru kembali akan mencabut "lockdown" mulai 21 September. Tapi khusus kota Auckland akan tetap ditutup karena menjadi pusat penularan COVID-19 gelombang kedua.

Lockdown di Selandia Baru jarak sosial di dalam transportasi publik akan dilonggarkan. Total kasus di Selandia Baru sejauh ini adalah 1.447 dengan 24 kematianAuckland masih mengalami lockdown karena adanya wabah baru di bulan Agustus

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan pembatasan terhadap Auckland akan dikaji kembali minggu depan, apakah dilonggarkan atau tidak.

PM Ardern juga mengatakan pembatasan jarak antarpenumpang di dalam pesawat dan di transportasi publik lainnya juga akan dilonggarkan segera.

Hal ini akan membantu maskapai penerbangan Air New Zealand, yang harus membatasi penumpang dalam pesawat mereka selama beberapa bulan terakhir.

"Saya tahu bahwa perubahan ini akan memberikan perbedaan nyata bagi Air New Zealand dan juga yang lainnya yang berusaha meningkatkan jumlah pengunjung," katanya dalam jumpa pers di kota Dunedin hari Senin (14/9/2020).

PM Ardern yang berasal dari Partai Buruh tersebut sedang berada di Dunedin dalam perjalanan kampanye pemilihan umum.