Diracun, Pimpinan Oposisi Rusia Alexey Navalny Pamer Kondisi Terakhir

Alexey Navalny
Sumber :
  • instagram

VIVA – Pemimpin oposisi Rusia, Alexey Navalny, mengunggah sebuah foto yang menggambarkan dirinya tengah terbaring lemas di sebuah rumah sakit di Kota Berlin, Jerman. Sebelumnya, Alexey Navalny harus menjalani perawatan serius setelah diberitakan diracun.

Pangeran MBS Beri Ucapan Selamat ke Putin Usai Menangi Pilpres Rusia

Dalam foto yang diunggah di instagram, Selasa 15 September 2020, tampak Navalny berfoto bersama keluarganya. Kabar terakhir yang didapat dari sekretaris pribadinya, Navalny berencana akan kembali segera ke Rusia jika kondisinya telah membaik.

Sosok yang juga dikenal sebagai aktivis anti korupsi di Rusia tersebut sempat dalam kondisi kritis dan harus ditopang dengan alat bantu pernafasan. Namun setelah beberapa hari kondisinya berangsur membaik. 

Negara-negara Barat Tolak Kemenangan Putin Dalam Pemilu 2024 di Rusia

Baca juga: Warga Rusia di Moskow Kangen Main Gamelan di Tengah Pandemi COVID-19

"Hai, ini Navalny," tulis caption dalam instagramnya tersebut. "Saya merindukan kalian. Saya masih dalam kondisi berat tapi kemarin saya sudah bisa bernafas sendiri sepanjang hari. Saya tidak lagi memerlukan alat bantu," lanjut caption dalam foto tersebut.

Kongkalikong dengan Jerman, Yunani Kirim Ribuan Roket ke Ukraina

Diberitakan sebelumnya, Navalny diracun dengan zat kimia yang menyerang saraf oleh sekelompok pro Soviet yang menyebut kelompoknya dengan Novichok. Serangan racun ini diduga kuat dengan sepak terjang Navalny yang selalu menyerang Kremlin. Namun terkait serangan racun tersebut, pihak Kremlin sendiri terus berusaha membantah terlibat. 

Navalny mengaku mengalami masalah saat ia terbang ke Moskow usai mengunjungi kota Tomsk pada 20 Agustus lalu. Dia lalu dilarikan ke rumah sakit Kota Omsk setelah pesawat mendarat darurat. Lalu untuk keamanan, ia memilih dirawat di Berlin, Jerman.

Ilustrasi bola dunia

Raksasa Dunia! Ini 10 Negara Terluas yang Menakjubkan

Ketika membicarakan ukuran suatu negara, wilayahnya menjadi parameter yang sangat penting. Wilayah suatu negara menentukan kedaulatan, populasi, dan kekayaan alamnya.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024