Logo DW

Metode Transplantasi Tinja Sembuhkan Penyakit Ditemukan, Apa Itu

Imago Images/Science Photo Library
Imago Images/Science Photo Library
Sumber :
  • dw

Jarang orang membicarakan tinja atau kotoran manusia secara serius. Bahkan kebanyakan merasa jijik jika membahas tema ini. Namun dalam dunia kedokteran, sistem pencernaan dan tinja jadi tema riset penting. Apa yang disebut riset mikrobiom, setelah bertahun diabaikan kini mulai jadi topik penting.

Mikrobiom ibaratnya sidik jari yang unik untuk setiap individu. Dalam usus tiap manusia hidup milyaran bakteri dan mikroorganisme lainnya. “Mikrobiom menjelaskan semua gen dari mikroorganisme yang menghuni tubuh manusia“, ujar Maria Vehreschild pimpinan bagian infeksiologi di Rumah Sakit Universitas Frankfurt.

“Organismenya disebut mikrobiota dan memainkan peranan sangat penting dalam meregulasi fungsi tubuh manusia. Nyaris tidak ada organ tubuh yang fungsinya tidak terpengaruh komposisi mikrobiom,“ papar pakar infeksiologi Vareschild. Bagaimana komposisi flora usus itu, tercermin dari kotoran atau tinja yang dikeluarkan tubuh.

Karena itu para ilmuwan dalam beberapa tahun terakhir menetapkan berbagai istilah ilmiah yang menjelaskan poros organ tubuh dengan mikrobiom. “Ada poros usus-otak, poros usus-hati atau poros usus-ginjal. Poros ini menunjukkan adanya interaksi antara mikrobiota dengan beragam organ tubuh,“ demikian kata pakar mikrobiom itu.

Terapi transplantasi tinja

Terkait interaksi mikrobiom dengan berbagai organ tubuh, adalah logis jika dunia medis kini membidik tema ini untuk tujuan terapi atau pengobatan. Sejauh ini transplantasi tinja atau Fecal Microbiota Transplantation-FMT masih dikategorikan dalam tahapan riset, dan hanya diterapkan dalam kasus sangat terbatas.

Salah satunya yang sudah dilakukan dalam koridor “upaya pengobatan pribadi“ adalah transplantasi tinja untuk pengidap infeksi Clostridium difficile. Infeksi bakteri ini menyebabkan radang usus dan memicu diare berdarah-darah. Penyebabnya adalah pemberian antibiotika yang membunuh sejumlah “bakteri baik“ dan menyisakan bakteri Clostridium difficile, yang kemudian berkembang biak dan menyebar.