122 Jemaah Tablig asal Indonesia di India Berhasil Dipulangkan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenlu.

VIVA – Sebanyak 122 warga negara Indonesia (WNI) yang merupakan jemaah tablig, telah berhasil dipulangkan ke Tanah Air. Mereka tiba di Jakarta pada Rabu, 16 September 2020. Total sebanyak 515 WNI telah difasilitasi kepulangannya ke Indonesia.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

"Repatriasi WNI jemaah tablig ini merupakan kesinambungan hasil dari berbagai upaya yang kita lakukan, baik tim yang ada di New Delhi dan Mumbai, agar para saudara kita dapat segera kembali ke Tanah Air semua," kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dalam keterangan pers virtual, Jumat 18 September 2020.

Para WNI yang dipulangkan pekan ini, datang dari berbagai negara bagian di India, seperti West Bengal, Chhattisgarh, Uttar Pradesh, Tamil Nadu, Maharashtra, dan Karnataka. Sebelumnya, para WNI tersebut telah melakukan tes PCT sebelum kepulangannya disetujui oleh pemerintah India.

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

"Upaya repatriasi WNI jemaah tablig bukan proses yang mudah. Ini merupakan proses yang sangat complicated," ungkap Retno.

Saat ini, masih ada 237 WNI jemaah tablig yang ada di beberapa negara bagian India. Antara lain di Andhra Pradesh, Tamil Nadu, Uttar Pradesh, Telangana, New Delhi, Maharashtra, Kamataka, Bihar, dan Jharkhand. (art)

Elon Musk Batalkan Kunjungan ke India, Ini Alasannya
Presiden Jokowi bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Singapura Vivian Balakrishnan beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Ju

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024