Logo BBC

Kebakaran Hutan di Berbagai Negara Tahun 2020 Terburuk Selama 18 Tahun

Hingga pertengahan September 2020, empat wilayah di negara berbeda dilanda karhutla terbesar sejak pengenalan data satelit observasi dua dekade lalu.-GETTY IMAGES
Hingga pertengahan September 2020, empat wilayah di negara berbeda dilanda karhutla terbesar sejak pengenalan data satelit observasi dua dekade lalu.-GETTY IMAGES
Sumber :
  • bbc

Sekelompok ilmuwan menyebut kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di berbagai negara pada 2020 akan menjadi yang paling parah sepanjang dua dekade terakhir.

Karhutla di negara bagian New South Wales, Australia; kawasan Arktik Siberia; wilayah Pantai Barat Amerika Serikat, dan lahan basah Pantanal di Brasil merupakan yang terburuk dalam 18 tahun terakhir.

Catatan itu merujuk data Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan lembaga penyedia data atmosfer, Copernicus Atmosphere Monitoring Service.

Namun akan seberapa serius dampak karhutla ini terhadap lingkungan?

A peat land fire is seen at Rumbai Pesisir village Pekanbaru, Riau, Indonesia
Getty Images
Provinsi Kalimantan Selatan menetapkan status siaga darurat karhutla Juli lalu.

Hutan hujan tropis Indonesia

Periode karhutla di Indonesia sebenarnya sudah dimulai beberapa bulan lalu. Namun karhutla sekarang masih tetap terjadi di beberapa wilayah, antara lain Kalimantan Tengah dan Jambi.

Lembaga pemantau lingkungan, Greenpeace, menyebut setidaknya 64.000 hektare hutan telah terbakar sampai Juli lalu. Meski begitu, angka itu lebih kecil daripada luas area terdampak tahun 2019.

Kalimantan Tengah menetapkan status siaga darurat karhutla Juli lalu, tak lama setelah 700 titik api terdeteksi di provinsi itu.

Setidaknya lima pemerintah provinsi lain, yaitu Riau, Sumatera Selatan, Kambi, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan, juga menetapkan status siaga serupa.