Dubes RI M Lutfi Serahkan Surat Kepercayaan Jokowi ke Presiden Trump

Dubes RI untuk AS M Lutfi menyerahkan surat kepercayaan ke Presiden Trump
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Tiga hari setelah dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Dubes Muhammad Lutfi bertemu dengan Presiden AS Donald Trump.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Ditemui Trump di Ruang Oval, Gedung Putih, Dubes Lutfi menyerahkan Surat-surat Kepercayaan dari Presiden RI. Penyerahan surat-surat ini menandai dimulainya secara resmi tugas Lutfi sebagai Dubes RI untuk AS, menggantikan pejabat sebelumnya, Mahendra Siregar.

Baca: Jokowi Lantik 20 Dubes Baru, Muhammad Lutfi Jadi Dubes di AS

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Didampingi istrinya, Bianca Adinegoro Lutfi, Dubes Lutfi mengikuti rangkaian kegiatan penyerahan Surat-surat Kepercayaan. Diawali dari Kementerian Luar Negeri AS, Lutfi menuju ke Gedung Putih menggunakan kendaraan khusus yang disediakan oleh Pemerintah AS.

Pada saat menyerahkan Surat-surat Kepercayaan tersebut, Dubes Lutfi menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia kepada Presiden Donald Trump dan juga rakyat Amerika.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Salam hangat itu disambut baik oleh Presiden Trump. Kemudian Trump menyatakan bahwa Indonesia merupakan mitra kunci bagi AS dan menyampaikan salam hangatnya kembali kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia.

Dubes Lutfi juga menyampaikan apresiasi Indonesia atas dukungan AS dalam rangka penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. Kemudian juga komitmen AS mendukung pembangunan infrastruktur di Tanah Air.

"Sebagai Duta Besar Indonesia untuk AS, saya berkomitmen untuk memajukan kerja sama Indonesia-AS dalam menanggulangi pandemi COVID-19 dan mempercepat pemulihan ekonomi di masa-masa sulit ini," kata Lutfi dalam siaran pers resmi Kedubes RI di AS, Sabtu, 19 September 2020.

Lutfi juga mengaku siap berkolaborasi dengan mitra kerja dari berbagai kalangan di AS untuk terus memperkuat hubungan ekonomi, maritim, pertahanan dan keamanan, serta juga people-to-people contact.

"Tujuan strategis saya adalah mendorong hubungan bilateral RI-AS ke tingkat yang lebih tinggi, utamanya mempromosikan kerja sama perdagangan dan investasi dua arah yang lebih kuat antara Indonesia dan AS, dengan lebih jauh mengeksplorasi potensi yang masih sangat terbuka lebar," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya