Mantan Perdana Menteri Kanada John Turner Meninggal

Mantan Perdana Menteri Kanada, John Turner, meninggal.
Sumber :
  • Al Jazeera.

VIVA - Mantan Perdana Menteri Kanada, John Turner, meninggal pada Sabtu, 19 September 2020, di usia 91 tahun. Turner tercatat sebagai perdana menteri ke-17 negara tersebut, dan hanya menjabat selama 79 hari pada 1984.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

Dilansir dari laman Al Jazeera, Minggu, 20 September 2020, Turner menggantikan Pierre Elliott Trudeau, ayah Perdana Menteri Justin Trudeau saat ini, pada akhir Juni 1984. Saat itu, dia sudah menjabat sebagai menteri Keuangan dan Kehakiman.

Masa jabatan 79 hari sebagai perdana menteri adalah yang terpendek kedua dalam sejarah Kanada. Dia mengundurkan diri sebagai pemimpin Liberal pada 1990 dan digantikan oleh Jean Chretien, yang memimpin partai tersebut menuju kemenangan tahun 1993.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Sejumlah tokoh di Kanada mengucapkan belasungkawa atas berita duka tersebut. Salah satunya adalah mantan Perdana Menteri Konservatif Stephen Harper, yang menjabat dari 2006 hingga 2015.

Dia mengatakan, Turner melayani keluarga dan negaranya dengan penuh martabat. "Warisan dan komitmennya untuk pelayanan publik akan diingat dari generasi ke generasi," kata Harper.

Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga

Kemudian, anggota parlemen liberal Yvan Baker menyebut Turner akan dikenang atas pengabdiannya seumur hidup dan terhormat bagi Kanada.

Sementara itu, Bob Rae, seorang politikus lama dan sekarang duta besar Kanada untuk Perserikatan Bangsa Bangsa, mengatakan, Turner adalah seorang pengacara, sarjana Rhodes, atlet. Tetapi dia percaya di atas segalanya adalah melayani masyarakat.

Sementara itu, Menteri Urusan Kerajaan Pribumi Kanada, Carolyn Bennett, mengaku akan merindukan nasihat bijak Turner.

"Dia sangat peduli dengan negara ini dan institusi demokrasi kami. Kami sekarang harus membawa obornya saat membangun Kanada yang lebih baik," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya