Monumen Ikonik Taj Mahal India Kembali Dibuka Usai Tutup 6 Bulan

Bangunan indah Taj Mahal di India
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Monumen ikonik Taj Mahal di India kembali dibuka untuk publik setelah ditutup selama enam bulan karena pandemi COVID-19. Bangunan itu ditutup karena India melakukan lockdown ketat sejak Maret 2020 untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Setelah dibuka, pengelola hanya akan mengizinkan maksimal 5.000 pengunjung setiap hari dan memberlakukan protokol kesehatan ketat.

Taj Mahal adalah salah satu tempat wisata terkemuka di dunia dan menarik hingga 70 ribu wisatawan setiap harinya sebelum pandemi. Makam marmer dari abad ke-17 ini dibangun oleh kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang ratunya, Mumtaz Mahal.

Dilansir BBC, Senin 21 September 2020, seluruh bagian monumen dibersihkan sebelum dibuka pada pukul 8 pagi dan semua petugas wajib mengenakan masker dan pelindung wajah. Selain itu pihak pengelola mengatakan akan ada pemeriksaan suhu di pintu masuk dan pengunjung diminta menggunakan metode pembayaran digital untuk membeli tiket masuk.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Baca juga: Viral Video Kuburan Mengeluarkan Cairan Seperti Darah

Para pengunjung juga diimbau untuk mematuhi jarak sosial di bangunan tersebut. Meski pengunjung diizinkan berswafoto atau selfie, namun foto bersama dalam jumlah besar atau group photo tidak diperbolehkan. 

Monumen ini sebelumnya pernah ditutup pada tahun 1978 ketika kota Agra tempat monumen itu berada, dilanda banjir. Taj Mahal juga pernah ditutup selama beberapa hari pada tahun 1971, saat terjadi perang antara India dan Pakistan. (ren)
 

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai
PM Singapura Lee Hsien Loong

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Singapore Prime Minister Lee Hsien Loong said Monday that he will step down on May 15 after two decades on duty and hand power to his deputy Lawrence Wong.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024