Logo DW

Stafnya Kena Virus Corona, Menlu Jerman Terpaksa Karantina

Thanassis Stavrakis/AP/dpa/picture-alliance
Thanassis Stavrakis/AP/dpa/picture-alliance
Sumber :
  • dw

Menlu Jerman Heiko Maas harus dikarantina setelah salah satu pengawalnya tertular virus corona, kata Kementerian Luar Negeri di Berlin hari Rabu (23/9). Tapi tes awal yang dilakukan terhadap Heiko Maas, 54 tahun, menunjukkan hasil negatif.

Begitu mengetahui ada pengawalnya tertular Covid-19, Heiko Maas langsung melakukan tes dan pulang ke rumahnya. Dia melanjutkan kerjanya dari rumah dan mengambil bagian dalam beberapa konferensi video, kata Kementerian Luar Negeri.

Menlu Jerman terpaksa membatalkan rencana perjalanan ke ibu kota Yordania, Amman, yang tadinya dijadwalkan Rabu sore, di mana dia akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Prancis dan Yordania.

Menteri Ekonomi Peter Altmaier juga harus karantina corona

Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier Rabu malam lewat Twitter juga mengatakan, dia akan melakukan isolasi diri karena salah satu staf menteri Uni Eropa diketahui positif Covid-19.

"Sore ini saya mengetahui bahwa seorang pegawai menteri Uni Eropa pada pertemuan para menteri perdagangan Uni Eropa di Berlin telah dites positif virus corona. Sebagai tindakan pencegahan, saya akan melakukan karantina di rumah, tulis Peter Altmeier, yang berusia 62 tahun. Dia menambahkan, dirinya sudah dites negatif dan ada dalam keadaan baik.

Heiko Maas dan Peter Altmaier bukan anggota pemerintah pertama yang harus mengisolasi diri. Kanselir Angela Merkel menghabiskan dua minggu dalam karantina rumah pada Maret lalu, setelah dia melakukan kontak dengan dokter yang dites positif virus corona. Namun Merkel sendiri dites negatif.