Logo DW

Gagal Tangkal Ekstrem Kanan, Direktur Intelijen Militer Jerman Dipecat

picture-alliance/dpa/F. Gambarini
picture-alliance/dpa/F. Gambarini
Sumber :
  • dw

Menteri pertahanan Jerman Annegret Kramp-Karrenbauer membebastugaskan Direktur Badan Intelijen Militer, MAD Christof Gramm mulai 1 Oktober, kata Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan yang dirilis di Berlin, Kamis (24/9).

Menteri Pertahanan telah memutuskan "dengan persetujuan yang bersangkutan untuk membebaskan Christof Gramm dari perannya mulai bulan mendatang," kata seorang juru bicara kementerian. "Penggantinya akan segera diputuskan," tambahnya.

Menhan Annegret Kramp-Karrenbauer diberitakan berkunjung ke markas MAD di Köln hari Kamis dan berbicara panjang lebar dengan Christof Gramm.

Ekstrem kanan di militer Jerman

Pengamat menilai langkah tersebut sebagai upaya Menteri Pertahanan mendorong reformasi di tubuh badan intelijen miiter, setelah serangkaian skandal yang melibatkan ekstremis sayap kanan di militer Jerman, Bundeswehr, terungkap.

Beberapa insiden dalam beberapa bulan terakhir menimbulkan kekhawatiran tentang pengaruh ekstrem kanan dan pandangan neo-Nazi di Bundeswehr. Bulan Juni lalu, Menteri Pertahanan Annegret Kramp-Karrenbauer mengumumkan pembubaran satu unit di pasukan elit militer, KSK, karena masalah ekstrimisme sayap kanan di jajarannya.

Seorang kapten KSK sebelumnya menulis surat kepada Menteri Pertahanan dan menuduh instruktur dan komando senior di unit KSK mengembangkan "budaya beracun" dengan slogan-slogan dan ritual neo-Nazi.