Logo BBC

Nenek 82 Tahun Menjadi Wajah dalam Protes Damai di Daerah Muslim India

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Bilkis
Getty Images
Bilkis Bikis adalah bagian dari kelompok perempuan yang melakukan protes damai menentang undang-undang kewarganegaraan di Shaheen Bagh.

Seorang nenek di India berusia 82 tahun - yang menjadi wajah dalam protes damai menentang undang-undang kewarganegaraan di daerah Muslim di New Delhi - masuk dalam daftar 100 "orang yang paling berpengaruh pada 2020" di majalah Time.

Bilkis Bano adalah sebagian kecil perempuan lanjut usia di Shaheen Bagh, kawasan berpenduduk Muslim di ibu kota Indiai, yang menjadi tempat protes damai para perempuan menentang undang-undang kewarganegaraan yang kontroversial.

Protes ini mulai Desember lalu setelah polisi menyerang para mahasiswa Jamia Milia Islamia menyusul protes anti undang-undang itu.

Shaheen Bagh, daerah kecil di kawasan Muslim Delhi, Jamia Nagar, menjadi simbol protes yang banyak diikuti di daerah-daerah lain di seluruh India.

Perdana Menteri India Narendra Modi dan aktor Bollywood Ayushmann Khurana juga masuk dalam daftar orang berpengaruh majalah Time.