Logo BBC

Terobosan, Laboratorium Ini Bisa Ciptakan ASI Tanpa Payudara

Getty Images via BBC Indonesia
Getty Images via BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Jika Anda memiliki anak atau tengah berpikir ingin memiliki anak, Anda mungkin pernah mendengar bahwa ASI adalah yang terbaik. Tapi bagaimana jika ibu dan bayinya tidak bisa menyusui?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ASI adalah sumber nutrisi dan energi penting bagi para bayi. ASI juga dapat menyokong kekebalan tubuh terhadap penularan penyakit, membantu mengurangi resiko obesitas, dan berpotensi meningkatkan IQ anak ketika tumbuh besar.

Bagi para ibu yang tidak bisa atau tidak mau menyusui, alternatif utamanya adalah susu formula.

Namun, perusahaan perintis bernama TurtleTree Labs dan Biomilq kini berupaya mengubah hal tersebut dengan membuat ASI nyata, tanpa bantuan payudara.

`ASI saya tidak pernah ada`

Deepa Kulkarni
DEEPA KULKARNI
`Anda harus menerima bahwa Anda tidak bisa menyusui dan bukan berarti Anda gagal`.

Deepa Kulkarni, ibu dua orang anak, masih ingat sulitnya menyusui anak-anaknya.

"Saya memiliki kolostrum dengan anak pertama saya, ia bisa mengonsumsinya tapi sesudahnya ASI saya tidak ada, dan dengan anak-anak saya yang lain ASI saya tidak pernah ada," katanya.

Kolostrum adalah cairan yang dihasilkan oleh payudara ibu dalam beberapa hari setelah melahirkan. Kolostrum memiliki konsistensi yang tebal dan biasanya berwarna kuning emas.

"Kami mencoba memeras susu selama satu bulan dan saya bahkan tidak bisa menghasilkan setengah ons susu dalam satu hari, setelah beberapa lama payudara saya kering. Jadi, saya harus memilih antara melanjutkan upaya menyusui dan membiarkan bayi saya kelaparan atau memberi makan bayi saya."

Sebagai ibu baru, Deepa bukan hanya kewalahan menjadi orang tua untuk pertama kalinya, tapi ia juga awalnya sulit memenuhi harapan sosial.