Keren, Kaum Muda Rusia Bangga Pakai Batik

Kaum muda Rusia di Moskow peringati Hari Batik 2 Oktober 2020
Sumber :
  • KBRI Moskow

VIVA – Batik kini sudah mendunia. Tidak saja dibanggakan oleh warga Indonesia sendiri, banyak pula orang asing senang memakai Batik di mancanegara.'

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Ini yang terlihat di ibu kota Rusia, Moskow. Terlihat beberapa anak muda Rusia bangga bercampur senang mengenakan batik. 

Mereka tidak segan-segan pasang tampang sekeren-kerennya saat selfie dengan berbaju batik. Pemandangan itu bertepatan dengan perayaan Hari Batik 2 Oktober 2020 di Moskow.    

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

"Mereka adalah generasi muda Rusia sahabat Indonesia atau Indonesianis yang mengagumi budaya Indonesia," kata Enjay Diana, Sekretaris Pertama Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow.

Pada Hari Batik Nasional itu, para Indonesianis ini membuat acara sendiri, yaitu jalan-jalan di Moskow dengan berpakaian batik. Mereka antara lain mengunjungi taman VDNH atau All-Russian Exhibition Center.

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Maria Yarovitskaya, anggota sanggar seni Kirana Nusantara Dance KBRI Moskow asuhan Elisabeth Nurnilasari yang merupakan staf KBRI Moskow, mengatakan bahwa dia bersama teman-temannya berkumpul untuk membuat sebuah video dan berfoto khusus dalam rangka Hari Batik yang diperingati pada 2 Oktober. 

"Kami sepakat pergi ke VDNH untuk pengambilan video dan berfoto di beberapa lokasi di sana. Karena hari sudah sore dan sudah mulai gelap, kami mencari tempat-tempat yang terang, seperti di pintu gerbang utama, paviliun pusat, dan air mancur Persahabatan Rakyat," kata Maria Yarovitskaya, seperti yang disiarkan KBRI Moskow hari ini.

Maria Yarovitskaya  ditemani oleh Ekaterina Kamilova, alumni program Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) Kementerian Luar Negeri RI dan anggota sanggar seni Gamelan Dadali KBRI Moskow asuhan Tri Koyo yang merupakan staf KBRI Moskow, Aleksandr Berezkin dan Daniil Gribanov yang juga anggota Gamelan Dadali. Selain itu, ada juga Olga Rebrova, anggota Kirana Nusantara Dance dan peserta kursus Bahasa Indonesia di KBRI Moskow, serta Anna Lashina. Semuanya berpakaian batik dengan berbagai corak.

Sementara itu, staf KBRI Moskow, baik warga negara Indonesia maupun warga Rusia mengenakan batik dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional ini.

Kuasa Usaha Ad Interim yang juga Wakil Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarus, Azis Nurwahyudi, mengatakan batik semakin di kenal di Rusia. KBRI Moskow senantiasa mempromosikan batik di berbagai kesempatan, antara lain festival-festival.

Perayaan Hari Batik 2 Oktober 2020 di KBRI Moskow

Menurut Azis Nurwahyudi, para staf KBRI Moskow sering mengenakan pakaian batik dalam bekerja atau menghadiri suatu acara atau pertemuan. Terdapat juga warga Rusia yang mengenakan batik saat menghadiri acara atau pertemuan yang diselenggarakan KBRI Moskow.

"Dari Rusia kami mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional tahun 2020", lanjut Azis. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya