Bukan cuma Trump, Ini Daftar Presiden AS yang Kena Penyakit Kronis

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump
Sumber :
  • Harper West

VIVA – Pengumuman mengejutkan Donald Trump bahwa dia terpapar virus corona dan dirawat di rumah sakit, telah membuat Amerika Serikat terguncang. Namun, presiden ke-45 AS itu bukan yang pertama terkena penyakit bahkan terdampak pandemi saat menjabat.

Donald Trump Olok-olok Biden: Serangan Iran ke Israel Tak Akan Terjadi Jika Saya Presiden

Baca juga: Positif COVID-19, Donald Trump Malah Keluar RS untuk Sapa Pendukungnya

Dari George Washington hingga George W. Bush, berikut daftar kisah tragis dalam kepresidenan AS, seperti dilansir Straits Times, Senin, 5 Oktober 2020.

Berubah Pikiran, Joe Biden: AS Tak Akan Ikut Bela Israel Jika Kembali Serang Iran

1. George W. Bush 

Amandemen ke-25 Konstitusi AS memungkinkan presiden untuk sementara waktu menyerahkan kekuasaan kepada wakil presiden saat tak bisa bekerja. Pada tahun 2002 dan 2007, George W. Bush meminta penggunaan Amandemen ke-25, karena harus melakukan endoskopi usus besar. Dia kemudian digantikan oleh Wakil Presiden Dick Cheney selama beberapa jam.

Ini Ternyata Alasan Presiden AS Joe Biden Tak Mau Dukung Israel Jika Perang Lawan Iran

2. Grover Cleveland

Demi menghindari perhatian publik, Presiden ke-22 AS Grover Cleveland diam-diam menjalani operasi di dalam kapal pesiar pada tahun 1893. Lantaran saat itu Amerika sedang di ambang depresi ekonomi, Cleveland akhirnya merahasiakan kanker mulut yang dideritanya, agar tak membuat negara semakin kacau.

3. Woodrow Wilson

Trump bukanlah presiden AS pertama yang meremehkan pandemi global. Presiden ke-28, Woodrow Wilson, terserang flu Spanyol pada April 1919 saat berada di Prancis untuk pembicaraan damai, yang merundingkan akhir Perang Dunia I.  Meski kesehatannya sangat parah, pemerintahannya bekerja keras untuk mencegah agar penyakitnya tak diketahui masyarakat umum.

4. George Washington 

Pada 1790, George Washington terserang flu yang begitu parah sehingga membahayakan nasib bangsa. Jalan di luar rumah kepresidenan ditutup dan ditutupi jerami untuk meredam kebisingan sementara presiden memulihkan diri.

"Diserang oleh cegukan, Washington membuat suara gemericik aneh yang ditafsirkan sebagai mainan kematian," tulis penulis biografi Ron Chernow.

5. Abraham Lincoln

Petersen House merupakan tempat tinggal Abraham Lincoln meninggal, yang kini menjadi bagian dari Layanan Taman Nasional AS untuk tujuan 'pariwisata gelap. Di sana pengunjung dapat melihat tempat di mana presiden ke-16 itu menghabiskan jam-jam terakhirnya setelah ditembak di kepala.

Lincoln meninggal di kamar tidur belakang rumah pada pagi hari setelah serangan itu. Dia adalah salah satu dari empat presiden AS yang dibunuh saat menjabat.

James A. Garfield meninggal karena infeksi dua bulan setelah ditembak pada tahun 1881, oleh seorang pencari kantor publik yang tidak puas.

Anarkis Leon Czolgosz membunuh Presiden William McKinley pada tahun 1901. John F. Kennedy ditembak saat mengendarai mobil terbuka di Dallas pada tahun 1963.

Selain itu, Reagan terluka parah dalam upaya pembunuhan tahun 1981 di luar sebuah hotel di Washington oleh seorang pria bersenjata gila.

6. Dwight D. Eisenhower

Dari serangan jantung tidak mematikan dan stroke yang diderita oleh Dwight D. Eisenhower hingga pendarahan otak yang fatal pada Roosevelt, sejumlah presiden yang duduk telah menderita penyakit yang sangat umum tetapi berpotensi mematikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya