Logo DW

Keluar Rumah Sakit, Trump: Saya Merasa Lebih Baik, Mungkin Saya Kebal

Presiden AS Donald Trump  Erin Scott/Reuters
Presiden AS Donald Trump Erin Scott/Reuters
Sumber :
  • dw

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah meninggalkan Rumah Sakit Militer Nasional Walter Reed pada Senin (05/10) malam waktu setempat, setelah menjalani empat hari perawatan.

Trump tampak mengenakan masker saat meninggalkan rumah sakit dan mengacungkan jempolnya ke arah awak media ketika hendak menaiki helikopter Marine One yang membawanya kembali ke Gedung Putih.

Setibanya di Gedung Putih, Trump langsung melepas masker yang ia pakai untuk melakukan sesi foto sembari memberi salam. Ia tetap melepas maskernya saat para staf menyambut kedatangannya.

Dalam video yang direkam di balkon Gedung Putih, Trump yang tanpa menggunakan masker tampak meremehkan efek virus corona dan menyuruh masyarakat tetap berkegiatan normal.

“Saya tahu itu berisiko, tapi tidak apa-apa. Sekarang saya merasa lebih baik, mungkin saya kebal, saya tidak tahu. Tapi jangan biarkan virus ini mendominasi kalian, keluarlah, hati-hati, kita punya pengobatan terbaik di dunia,“ kata Trump.

Rival Trump dalam pilpres AS mendatang, Joe Biden, mengkritik keputusan Trump yang tidak mengenakan masker dan tampak meremehkan virus corona.

“Saya berharap presiden, setelah melalui apa yang dia alami – dan saya senang dia telah kembali dengan cukup sehat – akan mengkomunikasikan pelajaran yang benar untuk rakyat Amerika: masker itu penting,” ujar Biden dalam siaran NBC News di Miami.