Logo DW

Kerusuhan Usai Pemilu di Kyrgyzstan Bisa Jadi Awal Revolusi?

Tabyldy Kadyrbekov/Sputnik/dpa/picture-alliance
Tabyldy Kadyrbekov/Sputnik/dpa/picture-alliance
Sumber :
  • dw

Presiden Kyrgyzstan Sooronbai Jeenbekov menerangkan, dia masih memegang kendali di negara itu dan sudah memerintahkan aparat agar tidak melepaskan tembakan kepada demonstran. Situasi saat ini masih kacau dan simpang siur, setelah aksi massa yang pecah jadi kerusuhan melanda kota-kota besar.

Ribuan orang menggelar protes Senin (5/10) setelah dua partai mapan, salah satunya dekat dengan Presiden Sooronbai Jeenbekov, menurut hasil sementara menyapu kemenangan besar pada pemilu parlemen Minggu (4/10).

Para pengunjuk rasa menuntut hasil pemilu harus dibatalkan. Media lokal melaporkan Selasa (6/10), Komisi Pemilu menyatakan akan mempertimbangkan permintaan mereka. Kantor berita Rusia RIA mengutip juru bicara Presiden Sooronbai Jeenbekov yang mengatakan bahwa dia juga tidak menutup kemungkinan untuk membatalkan hasil pemilu yang jadi sengketa.

Aksi massa pascapemilu berubah jadi kerusuhan

Polisi dilaporkan berusaha membubarkan protes di Ibu Kota Bishkek Senin malam. Tetapi pengunjuk rasa kembali ke alun-alun di pusat kota beberapa jam kemudian dan menerobos masuk ke gedung pemerintahan, kata situs web lokal.

Bangunan yang dikenal publik sebagai sebagai Gedung Putih sempat terbakar pada Selasa pagi, tetapi kobaran api segera dipadamkan.

Para pengunjuk rasa kemudian masuk ke markas besar Keamanan Nasional dan membebaskan mantan presiden Almazbek Atambayev, yang dijatuhi hukuman penjara lima tahun atas tuduhan korupsi setelah berselisih dengan penggantinya, Sooronbai Jeenbekov.