Semua Masjid Tua di Maroko Diperiksa

VIVAnews - Banyak pihak mempertanyakan minimnya perawatan terhadap masjid berusia 18 tahun di kota Meknes, Maroko, Sabtu 20 Februari 2010. Jumat lalu, menara masjid Bab Berdieyinne tersebut ambruk dan menewaskan 41 orang serta melukai 76 orang.

Seperti dikutip dari laman Channel News Asia, tim penyelamat menghentikan pencarian pada Sabtu tengah hari dengan dugaan semua korban yang terperangkap reruntuhan telah dievakuasi. Jenazah para korban sudah diserahkan pada keluarga untuk dimakamkan.

Pemerintah setempat memblok akses ke masjid Bab Berdieyinne yang berlokasi di tengah keramaian kota Meknes karena khawatir tembok masjid juga berisiko ambruk. Bau debu masih tercium di lokasi.

Sementara itu, pihak kerajaan memerintahkan agar semua masjid kuno di Maroko diperiksa. Raja Mohammed VI telah memerintahkan agar menara masjid yang ambruk direkonstruksi dengan mempertahankan bentuk aslinya.

Salah satu menara masjid tertinggi di Meknes itu jatuh menimpa jama'ah shalat Jum'at, dua hari lalu. Korban luka segera dilarikan ke rumah sakit. Warga sekitar lokasi menyalahkan hujan deras yang beberapa hari belakangan mengguyur Maroko sebagai penyebab runtuhnya menara masjid. "Mereka adalah martir, ini adalah kehendak Tuhan," kata beberapa orang.

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis
VIVA Militer: Pasukan milisi Republik Ossetia Selatan

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

PBB memiliki anggota sekitar 193 negara. Namun, di luar jajaran negara-negara tersebut, terdapat setidaknya 9 negara yang belum mendapat pengakuan sebagai anggota PBB. 

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024