Amerika Serikat Rayu Arab Saudi Damai dengan Israel

VIVA Militer : Menlu AS Mike Pompeo bertemu PM Israel Benjamin Netanyahu
Sumber :
  • Times of Israel

VIVA – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, mendesak Arab Saudi untuk mempertimbangkan normalisasi hubungan dengan Israel.

Sempurna, Rudal Iran Mampu Hancurkan Jet-jet Tempur Siluman Amerika

Dalam pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud, Pompeo menyinggung mengenai Abraham Accords. Yakni perjanjian yang ditengahi AS untuk menormalkan hubungan diplomatik dengan Israel.

"Kami berharap Saudi akan mempertimbangkan untuk menormalisasi hubungannya juga. Dan kami ingin berterima kasih kepada mereka atas bantuan yang mereka miliki dalam Abraham Accords sejauh ini," kata Pompeo, seperti dikutip Haaretz Rabu, 14 Oktober 2020.

Israel Panggil Dubes Deretan Negara yang Dukung Palestina Jadi Anggota PBB

Baca juga: Aksi Demonstrasi Tuntut PM Thailand Mundur Makin Memanas

Uni Emirat Arab dan Bahrain bulan lalu menandatangani perjanjian menuju normalisasi hubungan dengan Israel. Menurut Pompeo, langkah itu mencerminkan dinamika di kawasan di mana negara-negara mengakui kebutuhan kerja sama regional untuk melawan pengaruh Iran.

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

AS berusaha membujuk lebih banyak negara Teluk untuk mencapai kesepakatan serupa dengan Israel, seperti yang dilakukan UEA dan Bahrain pada penandatanganan yang dilakukan pada 15 September lalu di Washington.

Pada tahun 2002 lalu, Arab Saudi menyusun inisiatif bernama 'Inisiatif Perdamaian Arab', di mana negara-negara Arab menawarkan untuk menormalisasi hubungan dengan Israel, sebagai imbalan atas kesepakatan kenegaraan dengan Palestina dan penarikan penuh Israel dari wilayah yang diduduki sejak tahun 1967.

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali hadiri 19th WPNS di China

Hadiri Forum Internasional di China, KSAL Tegaskan Pentingnya Jaga Keamanan Maritim di Kawasan

Forum internasional 19th WPNS itu dihadiri oleh 29 Kepala Staf Angkatan Laut atau Chief of Navy negara-negara sahabat

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024