Logo DW

China Perkuat Hak Kepemilikan Pribadi dan Perlindungan Pengusaha

Imago Images/IP3Press
Imago Images/IP3Press
Sumber :
  • dw

Memperingati 40 tahun zona ekonomi khusus Shenzhen, Presiden China Xi Jinping mengatakan dalam pidatonya hari Rabu (14/10), hak kepemilikan pribadi dan perlindungan pengusaha akan diperkuat di kawasan khusus itu. Pidato itu disampaikan di tengah kebangkitan ekonomi China dari krisis pandemi corona dan sengketa dagang dengan AS yang terus berlanjut.

Xi Jinping dalam pidatonya, memuji Shenzhen karena berhasil "mencapai keajaiban" dan menambahkan, China "harus melakukan pembangunan dengan keberanian untuk merintis dan berusaha untuk menjadi yang pertama."

“Pemerintah Shenzhen akan mendapatkan lebih banyak kelonggaran untuk mendorong reformasi dan menjadi kota teladan bagi negara sosialis yang kuat," tandas Xi Jinping. Dia menyebut Shenzhen sebagai simbol kebangkitan China menjadi kekuatan ekonomi global.

Selama 40 tahun, Shenzhen berkembang dari sebuah kampung nelayan dengan populasi tidak sampai 30 ribu penduduk menjadi kota metropolitan dan pusat perdagangan dengan sekitar 13 juta penduduk.

Eksperimen kepemilikan pribadi dan kapitalisme ala China

Shenzhen menjadi tempat uji coba reformasi ekonomi China yang dipelopori Deng Xiaoping, yang mendorong keterbukaan dan pembentukan zona-zona khusus ekonomi. Kawasan-kawasan itu kemudian bertumbuh pesat dan menarik tenaga kerja dari berbagai daerah.

Pemerintah Shenzhen pada hari Minggu (11/10), menerbitkan rencana untuk meningkatkan investasi asing dan memangkas birokrasi di berbagai sektor, termasuk energi dan telekomunikasi.