Logo ABC

Penumpang Internasional Akhirnya Masuk Australia Tanpa Karantina

Penumpang yang tiba di Sydney hari Jumat dari Selandia Baru lega tidak harus lagi menjalani karantina.
Penumpang yang tiba di Sydney hari Jumat dari Selandia Baru lega tidak harus lagi menjalani karantina.
Sumber :
  • abc

Pesawat pertama dari tiga penerbangan asal Selandia Baru telah mendarat di Bandara Sydney. Untuk pertama kalinya setelah tujuh bulan penumpang internasional tidak perlu lagi menjalani karantina setibanya di Australia.

Pesawat Selandia Baru Tanpa Karantina: 
- Pesawat pertama dari Selandia Baru tiba di Sydney di mana penumpangnya tidak perlu menjalani karantina
- Pembatasan berkegiatan di luar ruangan sudah dilonggarkan
- Sekarang maksimal 500 orang bisa menonton pertunjukan seni di luar ruangan dengan duduk

Di negara bagian New South Wales (NSW) hari Jumat (16/10) dilaporkan hanya ada satu kasus karena transmisi lokal, sementara empat sisanya terjadi di karantina hotel.

Hari ini untuk pertama kalinya sejak 29 Maret pelancong internasional tidak dikenakan skema karantina hotel wajib selama 14 hari.

Dua penerbangan lainnya dari Selandia Baru akan tiba di Sydney dalam waktu dekat, dan untuk penumpang berada di negara asal mereka selama dua minggu terakhir, mereka akan bebas masuk Australia.

Menteri Kesehatan Brad Hazzard menggambarkan hari ini sebagai "hari yang menyenangkan", tetapi menggarisbawahi bahwa warga Selandia Baru yang tiba hari ini perlu membuktikan bahwa mereka bebas dari gejala dan memenuhi persyaratan kesehatan lainnya.

Hazzard mengatakan seluruh penumpang yang tiba dari Selandia Baru akan menjalani pemeriksaan terpisah dengan penumpang lain, yang masih harus menjalani karantina wajib selama dua minggu.