Logo BBC

Iran Masuki Gelombang Ketiga Pandemi COVID-19

Menurut para pejabat Iran, negara itu telah memasuki gelombang ketiga Covid-19.-EPA
Menurut para pejabat Iran, negara itu telah memasuki gelombang ketiga Covid-19.-EPA
Sumber :
  • bbc

Di tengah penyebaran virus corona yang memasuki "gelombang kedua" di banyak negara, terutama di Eropa, Iran telah mencatat kematian dalam gelombang ketiga Covid-19.

Iran merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang paling banyak mencatat infeksi virus corona dan "gelombang ketiga" yang tengah dialami negara itu, sejauh ini yang paling banyak orang meninggal.

Iran mencatat rekor infeksi dalam 24 jam pada pertengahan minggu ini dengan 4.830 kasus baru pada Rabu (14/10) lalu, menurut data dari Johns Hopkins University, Amerika Serikat.

Sampai Jumat (16/10), angka total infeksi di Iran mencapai lebih dari 522.000 dan angka kematian hampir 30.000. Angka infeksi dunia, sejauh ini mencapai lebih dari 39 juta dan kematian hampir 1,1 juta.

Negara Persia ini telah mencatat rekor sejak tanggal 22 September lalu, dengan melewati 3.574 kasus dalam 24 jam, angka yang tercatat paling tinggi pada awal Juni, pada "gelombang kedua."

"Walaupun gelombang kedua berhasil ditekan, gelombang ketiga ini muncul karena protokol keberhasilan tidak diindahkan," kata Menteri Kesehatan Saeed Namaki pada akhir September seperti dikutip kantor berita resmi Iran Press.

Pada tanggal 5 Oktober lalu, Iran telah mencatat angka kematian seperti yang terdata pada Juli lalu.