Logo BBC

Bagaimana Uni Emirat Arab Jadi Kekuatan Dominan di Timur Tengah

Petempur Yamana (AFP via BBC Indonesia)
Petempur Yamana (AFP via BBC Indonesia)
Sumber :
  • bbc

Tahun 2020 sungguh menjadi tahun yang gemilang bagi Uni Emirat Arab (UEA), sebuah negara kecil yang super kaya dan berambisi besar di kawasan Teluk Persia.

Tahun ini UEA mengirim pesawat misi ke Mars. Mereka juga menyepakati perjanjian damai dengan Israel.

UEA juga dianggap cukup mampu mengatasi pandemi Covid-19. Negara yang pernah berstatus protektorat Inggris ini bahkan menyesuaikan peralatan banyak pabrik di dalam negeri dan mengirim bantuan alat pelindung diri (APD) ke Inggris.

UEA juga bergelut dengan Turki demi mendapatkan peran strategis saat mereka menebarkan pengaruh ke Libya, Yaman, dan Somalia.

Jadi, jelang peringatan 50 tahun kemerdekaan UEA yang jatuh tahun depan, di mana mereka sejauh ini telah mengambil peran dalam politik global? Dan siapa yang sebenarnya berpengaruh besar dalam setiap kebijakan UEA?

Mendapat kesempatan

Suatu ketika pada bulan Mei 1999, saat perang Kosovo telah berkecamuk selama lebih dari satu tahun.

Saya saat itu berdiri di depan wastafel, di sebuah tenda darurat di kamp yang dijaga ketat di perbatasan Albania-Kosovo. Perkampungan darurat itu dipenuhi pengungsi asal Kosovo.

Kamp itu didirikan Bulan Sabit Merah Emirat. Lembaga itu datang membawa sekelompok juru masak, pemotong daging halal, ahli peralatan telekomunikasi, dan seorang imam.

Mereka juga mendatangkan pasukan yang bertugas berpatroli di sekeliling kamp. Orang-orang ini berkeliling di atas truk militer ringan. Kendaraan roda empat itu dilengkapi senapan mesin berat dan dirancang agar tak tampak mencolok di gurun pasir.

Sehari sebelumnya, saya terbang ke Tirana dengan menumpang helikopter Puma yang diterbangkan pilot Angkatan Udara UEA. Pesawat itu bermanuver di atas jurang terjal di kawasan timur laut Albania.