Jokowi Tegaskan Jepang Mitra Penting Indonesia

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana
Sumber :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden Joko Widodo mengaku mendapatkan kehormatan atas kunjungan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga ke Tanah Air. Kunjungan ini dianggap spesial lantaran kedatangan Suga ke Indonesia merupakan lawatan yang kedua, dari sebelumnya ke Vietnam terlebih dulu.

5 Fakta Marhan Harahap Meninggal Usai Diseret Petugas saat Hendak ke Masjid

"Hal ini menunjukkan arti penting Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Ini juga merefleksikan komitmen bersama untuk terus memperkokoh kemitraan strategis antara Jepang dan Indonesia," kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 20 Oktober 2020.

Baca juga: BI dan OJK Sepakati Penguatan Proses Bailout Bank Terdampak COVID-19

Sosok Sendi Fardiansyah, Sespri Iriana Jokowi yang Bakal Maju Pilkada Kota Bogor 2024

Menurut Jokowi, di tengah dunia yang penuh ketidakpastian, justru Indonesia dan Jepang saling mendukung. Jokowi menyatakan, Negeri Matahari Terbit itu adalah mitra penting.

"Sejak awal pandemi Jepang merupakan mitra penting Indonesia dalam mitigasi pandemi termasuk evakuasi 69 ABK dari kapal Diamond Princes di Yokohama. Dan saya menyambut baik telah ditandatangani memorandum kerja sama kesehatan antara Indonesia dan Jepang pada 19 Oktober lalu," ujar Jokowi.

Menhub Budi Harap Bandara Singkawang Bakal Dukung Konektivitas di Kalbar

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga mengaku mendapat sambutan hangat dari Presiden Jokowi dalam kunjungan kenegaraan kali ini. Indonesia, bagi Suga, adalah negara besar yang dikunjunginya sejak menggantikan Shinzo Abe, September lalu.

"Saya menekankan tekad Jepang untuk memprakarsai upaya-upaya berkontribusi untuk perdamaian dan kesejahteraan di kawasan. Dengan menyebutkan ASEAN memainkan peran penting dalam mewujudkan Indo-Pacific yang bebas dan terbuka," kata Suga.

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Januari 2024

Sekjen Gerindra Blak-blakan Akui Prabowo Sudah Mulai Bicara Menteri

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra mengaku belum mengetahui siapa saja yang akan masuk ke dalam struktur menteri di kabinet Prabowo-Gibran karena itu kewenangan Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024