Logo BBC

Poin-poin Penting Debat Final Pilpres AS Donald Trump vs Joe Biden

Reuters
Reuters
Sumber :
  • bbc

Dalam debat terakhir menjelang pemilihan presiden Amerika Serikat November mendatang, kandidat Donald Trump dan Joe Biden lebih terkendali. Tombol mute untuk mematikan mikrofon, atau setidaknya ancaman untuk menekan tombol itu, sepertinya berfungsi mengontrol perseteruan keduanya.

Para kandidat mengizinkan satu sama lain untuk berbicara. Mereka menggunakan nada hormat, bahkan ketika menyerang satu sama lain, mereka melakukannya dengan tenang dan hati-hati.

Setelah debat pertama yang sengit – ketika interupsi terus-menerus yang dilakukan Presiden Donald Trump mungkin telah membuatnya kehilangan dukungan dalam jajak pendapat – dalam debat kali ini dia terlihat sangat jelas menurunkan volume - dan itu membuatnya menjadi pendebat yang jauh lebih efektif.

Kali ini, substansi pernyataan para kandidat bisa jadi yang diingat oleh publik Amerika, bukan cara penyampaiannya yang semrawut.

Sekali lagi, Biden lebih bisa mengendalikan diri - menghindari jenis kesalahan dan sandungan yang bisa dimainkan Partai Republik untuk mempertanyakan usia dan ketajaman mentalnya.

Tim kampanye Trump mungkin akan mencoba mempermasalahkan seruan Biden untuk "transisi" dari energi berbasis minyak - hal yang berisiko untuk diangkat pada akhir perdebatan.

Namun, di era mobil hibrida dan rumah hemat energi, dan ketika perusahaan minyak menggunakan bahasa yang sama, serangan soal transisi energi boleh jadi tidak akan menyentak warga Amerika sekeras yang dibayangkan oleh Partai Republik.