15 Kontroversi dan Konyolnya Trump di Debat Pilpres, Tahan Emosi (II)

Donald Trump
Sumber :
  • Telegraph

VIVA – Donald Trump membuktikan sosoknya sebagai presiden nyentrik selama final debat Pilpres AS yang digelar di Nashville, Kamis kemarin. Tercatat minimal ada 15 hal konyol dan pernyataan kontroversial yang dikeluarkan lawan Joe Biden ini.

Ngotot Balas Serangan Iran, PM Israel Tolak Angkat Telepon Pemimpin Barat

Setelah sebelumnya redaksi mengangkat 8 hal konyol dan pernyataan kontroversial Donald Trump dalam debat final Pilpres AS tersebut, kini menyusul 7 hal konyol dan kontroversial lainnya. Sebelumnya baca dulu: 15 Kontroversi dan Konyolnya Trump di Debat Pilpres, Tahan Emosi (I).

Sebagai catatan, debat final Pilpres AS yang mempertemukan Trump dari Partai Republik dengan Joe Biden dari Partai Demokrat digelar di Curb Event Center, Belmont University di Nashville, Tennessee pada Kamis kemarin. Pemungutan suaranya sendiri akan dihelat 3 November 2020.

Ayah Model Gigi-Bella, Mohamed Hadid Sindir Joe Biden Karena Bela Israel

Nah, berikut lanjutan 15 hal konyol dan pernyataan kontroversial Trump sepanjang acara debat: 

9. Trump justru bingung saat dipanggil Biden Abraham Lincoln
Saat Joe Biden memanggil Trump dengan 'Abraham Lincoln' sebagai candaan, Trump justru kesal. "Anda menyebut Abraham Lincoln, maksudnya?" tanya Trump. Setelah Biden menjelaskan leluconnya, Trump tambah kesal dan mengaku tak pernah menyebut dirinya Abraham Lincoln.

Iran Punya Hak Balas Dendam ke Israel, Posisi AS Sekarang Mengambang

10. Penjelasan Trump terkait iklim justru bikin pening
Saat diminta untuk menguraikan rencananya terkait isu global perubahan iklim dan lapangan pekerjaan, Trump dianggap malah 'ngelantur' saat memuntahkan idenya.

“Kami memiliki program pohon, kami memiliki banyak program yang berbeda,” katanya. “Saya memang mencintai lingkungan tetapi yang saya inginkan adalah air sebening kristal, udara terbersih,” tambahnya. 

11. Komentari Scranton, kampung halaman Biden
Trump mengatakan Biden bukan dari Scranton. Menurutnya, Biden hanya tinggal sebentar di Scranton. Faktanya, Biden memang hanya tinggal hingga usia 13 tahun namun tak dipungkiri jika ia berasal dari Scranton. Toh, selama ini ia juga banyak terlibat dengan politik lokal di Scranton.

12. Ditanya bidang kesehatan, jawabannya soal pengeboran migas
Hal konyol dan tak nyambung juga dilontarkan Trump saat menanggapi pertanyaan rencanya ke depan di bidang kesehatan. Bukan menjawab sesuai pertanyaan, Trump malah berkali-kali menyebut teknik pengeboran migas, fracking yang selama ini dituding sebagai salah satu penyebab pencemaran air. 

13. Senggol Rusia
Tak hanya menyerang Biden, Trump juga pantas membuat kesal Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam debat itu, Trump mengaku pernah menjadi orang terhebat di Rusia karena sukses menjual senjata ke Ukraina. 

"Tidak ada yang lebih tangguh dari saya di Rusia. Ketika (Biden) menjual bantal dan seprei, saya sudah menjual tank ke Ukraina," kata Trump.

14. Soal Pandemi COVID-19 Trump malah menyalahkan Dokter
Saat ditanya mengenai mewabahnya virus COVID-19 di AS, Trump justru menjadikan dokter kondang Antony Fauci sebagai kambing hitam. "Dia (Fauci) bilang jangan pakai masker dan dia bilang tak memakai masker tidak masalah," kata Trump.

Fauci memang mengatakan tidak perlu memakai masker di bulan Maret karena memang kekurangan APD. Namun pada Juni, ia meminta warga AS menggunakannya setelah masker banyak tersedia. 

15. Moment sang istri Melania tolak ajakan gandeng tangan Trump
Momen konyol juga terjadi saat First Lady meninggalkan panggung bersama Trump. Jelas ia menolak upaya Trump memegang tangannya. Moment ini langsung menjadi viral dan ramai dibicarakan. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya