Komandan Al-Qaeda Abu Muhsin al-Masri Buronan FBI Tewas

Buku panduan bagi militan Barat di al-Qaeda
Sumber :

VIVA – Pasukan keamanan Afghanistan mengklaim telah membunuh seorang komandan Al-Qaeda terkemuka bernama Abu Muhsin al-Masri.

Ahli Nuklir UGM Jadi DPO Kasus Penggelapan Rp 9,2 Miliar, Begini Kronologinya

Pria yang juga dikenal dengan Husam Abd-al-Ra'uf dari Mesir itu selama ini menjadi buruan FBI karena konspirasi membantu organisasi teroris asing dan membunuh warga negara Amerika Serikat (AS).

Direktur Keamanan Nasional Afghanistan (NDS) dalam pernyataan mengatakan pasukannya telah membunuh Abu Muhsin al-Masri yang terdaftar sebagai Husam Abd-Al-Ra'uf di situs web FBI AS selama operasi penangkapan di distrik Anda, Provinsi Ghazni.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

"Abu Mohsen Al Misri tewas dalam operasi khusus di Provinsi Ghazni hari ini. Dia ditangkap saat kami mencoba menangkapnya," kata pihak NDS, seperti dikutip Sputniknews, Minggu 25 Oktober 2020.

Baca juga: Penangkapan Gus Nur Disorot, Pimpinan Komisi Hukum DPR Bicara

Dorong TNI Tindak Tegas OPM, Bamsoet: Negara Tidak akan Kalah dengan Kelompok Separatis

Dalam situs web FBI disebut al-Masri menjadi buronan sehubungan dengan keanggotaannya di Al Qaeda, sebuah organisasi yang dikenal melakukan tindakan terorisme terhadap pemerintah AS. Dia juga diyakini terkait dengan negara-negara Afghanistan, Pakistan dan Mesir.

Surat perintah federal dikeluarkan atas penangkapannya di New York pada 2018 atas konspirasi membantu organisasi teroris asing dan membunuh warga negara Amerika Serikat.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Para terduga teroris tersebut mengikuti pelatihan secara fisik juga paramiliter di Poso.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024