Logo ABC

Cara India Tes COVID-19 dengan Kasus 100 Ribu per Hari

Di India korban meninggal karena virus corona sudah mencapai 120 ribu orang.
Di India korban meninggal karena virus corona sudah mencapai 120 ribu orang.
Sumber :
  • abc

Virolog, atau pakar virus Prasad Deshpande bekerja di salah satu laboratorium pengetesan COVID-19 di India.

Setiap harinya dia mengawasi proses sampel di saat India masih berusaha memerangi pandemi, dengan kasus pernah mencapai 100 ribu per hari.

Ketika situasi berkenaan dengan corona mulai meningkat di India, hanya ada beberapa institusi di seluruh negeri yang bisa melakukan tes COVID-19.

Mereka sudah melakukan tes ribuan sampel setiap hari namun ini masih belum mencukupi untuk bisa menangani kasus yang meningkat dari hari ke hari.

a man in a medical mask poses with his arms crossed. Virolog Prasad Deshpande harus memeriksa ratusan sampel tes corona setiap hari di Pune, India. (Supplied: Prasad Deshpande)

Karena itu diperlukan pusat pengetesan baru, namun tidak ada infrastruktur dan orang-orang yang terlatih untuk melakukannya.

Saya sebelumnya bekerja di bidang TBC dan HIV di laboratorium saya di Pune, tidak jauh dari Mumbai.

Saya utamanya melakukan penelitian mengenai mengapa beberapa orang lebih cepat bergerak ke AIDS dari HIV.

Pemerintah mendekati saya meminta laboratorium saya juga melakukan tes karena kami sudah memiliki beberapa infrastruktur.

Prosesnya tidaklah semua seperti pengetesan lain. Diperlukan pelatihan selama beberapa tahun, namun kami hanya punya waktu dua hari sebelum mulai bekerja.

Kami memulai dengan melakukan pengetesan terhadap 100 orang sehari.