Logo DW

Taiwan Catat Rekor 200 Hari Tanpa Kasus COVID-19

picture-alliance/AP Photo/C. Ying-ying
picture-alliance/AP Photo/C. Ying-ying
Sumber :
  • dw

Center for Disease Control atau pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Taiwan mencatat kasus domestik terakhir pada tanggal 12 April. Terhitung sejak kamis 29 Oktober, Taiwan telah melalui 200 hari tanpa kasus infeksi domestik COVID-19.

Hal ini menjadi bukti kesuksesan negara pulau ini dalam menangani virus corona yang kasusnya justru melonjak di berbagai belahan dunia lain. Untuk pencapaian ini, pihak berwenang menyatakan terima kasih atas kerjasama publik, sambil terus mendorong masyarakat untuk tetap mematuhi aturan pencegahan, dengan mengenakan masker dan sering mencuci tangan.

Sejak pandemi melanda dunia, Taiwan hanya mencatat 553 kasus COVID-19 dan 7 kasus kematian. Meskipun penularan dalam negeri sudah terhenti, Taiwan masih mencatat kasus-kasus baru dari orang-orang yang datang dari luar negeri.

Taiwan telah dipuji sebagai contoh baik dalam penanganan pandemi. Terutama mengingat hubungan bisnis dan turisme-nya yang erat dengan Cina sebagai tempat asal mula virus.

Apakah Taiwan sudah bersih sepenuhnya dari virus corona?

Media lokal terus mengamati laporan dari orang-orang yang dinyatakan positif COVID-19 setelah meninggalkan Taiwan.

Pihak berwenang mengatakan Rabu (28/10), mereka mendapat pemberitahuan dari departemen kesehatan Jepang dan Thailand, bahwa tiga orang yang meninggalkan Taiwan terbukti positif Corona.